BREAKING NEWS
 

DIPA 2021, Menkes Ingatkan Anak buahnya Jangan Korupsi

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 15 Desember 2020 16:55 WIB
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2021 ke masing-masing unit kerja di Kementerian, Selasa (15/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto ingatkan seluruh pegawainya untuk tidak melakukan korupsi dalam penggunaan anggaran kesehatan.

Hal itu disampaikan Terawan saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2021 ke masing-masing unit kerja di Kementerian, Selasa (15/12).

Turut hadir, Menteri, Keuangan Sri Mulyani saat memberikan DIPA Kemenkes kepada Menteri Kesehatan di Jakarta.

Baca juga : Ganjar Ingatkan Warga Jangan Sampai Lengah

Dalam acara tersebut, Terawan berpesan kepada anak buahnya untuk melakukan belanja sedini mungkin. Kalau bisa proses pengadaan yang sudah berjalan hingga nanti Januari sudah langsung dilaksanakan. Sehingga semua bisa ada percepatan, dan diharapkan fokus untuk bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

"Ingat transparansi, akuntabilitas dan, audit ya. Jangan coba-coba melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme," tegas Menkes.

Adsense

Ia juga mengingatkan kepada pejabat kesehatan jangan menerima gratifikasi atau menjanjikan sesuatu ataupun yang kaitannya bisa menjurus ke arah korupsi.

Baca juga : PSI Jamin Kadernya Tak Korupsi

"Jangan coba-coba melakukan hal-hal itu  atau kepikiran hal-hal yang seperti itu, karena, pertama tidak baik, tidak menjadi berkah, tidak akan diridhoi, dan pelanggaran hukum," ucap Terawan.

Pejabat pelaksana anggaran diharapkan segera melakukan identifikasi kegiatan pengadaan, baik barang maupun jasa serta membuat rincian pelaksanaan kegiatan secara rinci dan melakukan kontrak pengadaan. “Mulai pelaksanaannya, di Januari 2021 sudah pengadaan, dan sudah pelaksanaan kerjanya,” pintahnya.

Ia akan melakukan pengawasan ketat kepada penggunaan anggaran dan monitoring evaluasi pelaksanaan kegiatan secara berkala.

Baca juga : Kaya Dan Berpendidikan Tinggi, Ternyata Bukan Jaminan Bebas Korupsi

"Saya minta Irjen bersama Sekjen untuk memantau melihat, kalau ada kegiatan-kegiatan yang sekiranya ada tendensi ke arah yang tidak tepat atau tidak baik segera lakukan pengawasan, segera langsung di dampingi supaya tidak ada niat-niat yang akhirnya menjerumuskan," kata Menkes 

Terawan berdoa mudah-mudahan semua bisa melalui masa-masa ini dan melaksanakan DIPA 2021 dengan baik tanpa cacat.

“Semua kegiatan dilaksanakan menggunakan prinsip-prinsip ekonomis, efektif, dan efisien serta transparan dan akuntabel. Ini adalah proses pengadaan yang harus kita lakukan,” tandasnya. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense