BREAKING NEWS
 

Perpusnas Berkomitmen Kembangkan Sumber Daya Perpustakaan Politeknik STIA LAN

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 19 Januari 2021 16:47 WIB
Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti (kiri) dan Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Nurliah Nurdin (kanan) disaksikan Sekretaris Utama LAN Reni Suzana, menunjukkan naskah kerja sama, di Pejompongan, Jakarta, Selasa (19/1). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terus berupaya meningkatkan sinergi dengan para pemangku kepentingan untuk mengembangkan sumber daya perpustakaan. Kali ini, hal tersebut dilaksanakan melalui perjanjan kerja sama (PKS) antara Perpusnas dengan Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Jakarta.

Penandatanganan PKS dilakukan Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti dengan Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Nurliah Nurdin, di STIA LAN Jakarta, Pejompongan, Jakarta, Selasa (19/1). Turut hadir dalam penandatangan tersebut Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Reni Suzana. PKS ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang disepakati Perpusnas dengan LAN pada Desember 2020.

Woro Titi menyatakan, hal-hal yang dilaksanakan dalam kerja sama ini meliputi pemanfaatan keanggotaan Perpusnas, pemanfaatan koleksi elektronik seperti iPusnas, jurnal elektronik e-Resources, dan laman Khastara, pertukaran data dan informasi/koleksi, pengembangan sumber daya manusia di setiap instansi, serta pengembangan dalam bidang layanan perpustakaan. Selain itu, STIA LAN diajak untuk bergabung dengan repositori perpustakaan seluruh Indonesia, Indonesia OneSearch (IOS).

Baca juga : Cuaca Buruk, Basarnas Hentikan Sementara Pencarian Korban Dan Puing SJ 182

“Menjadi bagian dari anggota IOS itu sangat amat bermanfaat untuk perguruan tinggi. Itu politeknik juga termasuk di dalamnya," ujarnya.

Adsense

Woro Titi juga mengajak pegawai di STIA LAN untuk menjadi fungsional pustakawan. Apalagi, saat ini para pegawai diarahkan menjadi pejabat fungsional. Perpusnas akan memfasilitasi pendidikan dan pelatihan pustakawan.

Terkait program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diusung Perpusnas, STIA LAN diharapkan bisa mendukung hal tersebut melalui karya tulis. Program tersebut memberdayakan perpustakaan sebagai tempat belajar dan berketerampilan untuk masyarakat pedesaan demi meningkatkan kualitas sosial dan ekonomi.

Baca juga : Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Sumba Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

“Nah ini juga tugas teman-teman di perguruan tinggi untuk menulis buku yang bisa dibaca oleh teman masyarakat di pedesaan. Jadi, mungkin terapan yah, bahasanya populer, dan ini kita perlukan. Siapa lagi kalau bukan Bapak dan Ibu yang membantu kami untuk menciptakan tulisan-tulisan tersebut,” serunya.

Sementara itu, Reni Suzana mengungkapkan kolaborasi dengan Perpusnas dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dia mendorong agar setelah penandatanganan, program kerja sama yang potensial bisa segera dilaksanakan.

“Selain menindaklanjuti kerja sama, banyak program di Perpusnas yang bisa kita copy paste, copy adaptasi, dan sebagainya. Di sana ada iPusnas, kemudian juga reference. Ternyata, program-program di Perpusnas ini sangat banyak yang kita bisa memanfaatkan, kerja samakan, kita copy, kita adaptasi, dan sebagainya,” urainya.

Baca juga : Sering Bentrok, China Tempatkan Rudal S-400 Di Perbatasan India

Reni berharap, kerja sama ini melahirkan kegiatan yang banyak memberikan manfaat bagi seluruh pihak. Baik mahasiswa, dosen, maupun masyarakat sekitar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense