BREAKING NEWS
 

Hasil Pengujian BPOM

Alhamdulillah, AstraZeneca Nomor CTMAV 547 Aman

Reporter & Editor :
ACHMAD ALI FUTHUHIN
Sabtu, 29 Mei 2021 07:07 WIB
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sudah selesai melakukan investigasi terhadap vaksin Covid-19 AstraZeneca. Hasilnya, vaksin asal Inggris itu dipastikan aman bagi masyarakat.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyatakan, AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 telah dinyatakan aman. Masyarakat diimbau tidak memilih-milih jenis vaksin.

Baca juga : BPOM: Tak Ada Kaitan Mutu AstraZeneca Batch CTMAV547 Dengan Kasus KIPI

Ditegaskan Nadia, vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang paling banyak digunakan di dunia. Sudah pasti memenuhi syarat mutu dan aman digunakan.

“Masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu memilih jenis vaksin tertentu. Semua vaksin yang ada saat ini adalah yang terbaik,” ujar Nadia di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Masalah AstraZeneca Batch CTMAV457 Tak Boleh Ganggu Vaksinasi

Menurutnya, Kemenkes menyambut baik hasil pengujian vaksin AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pengujian ini bertujuan mengetahui korelasi antara kualitas produk vaksin dengan efek samping yang dilaporkan.

Baca juga : Pantau Bundaran HI, Anies: Alhamdulillah, Terkendali

Dari hasil uji sterilitas dan uji toksisitas abnormal yang dilakukan di Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) BPOM, AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 dinyatakan telah memenuhi syarat mutu. Jadi, aman digunakan dalam program vaksinasi nasional Covid-19.

Adsense

“Pengujian ini wujud kehati-hatian pemerintah dalam menyediakan vaksin Covid-19. Dengan hasil ini, maka penggunaan vaksin AstraZeneca bets CTMAV 547 dalam program vaksinasi nasional Covid-19 bisa kembali dilanjutkan,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense