BREAKING NEWS
 

Cuma 12 Jam Menjabat

PM Swedia Ngundurin Diri

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Jumat, 26 November 2021 06:30 WIB
Magdalena Andersson.

 Sebelumnya 
Pemimpin Partai Hijau Per Bolund mengatakan, partainya tidak bisa mentolerir anggaran dari oposisi. Per Bolound pun mundur dari pemerintah.

Ketua Parlemen mengatakan, dia telah menerima pengunduran diri Andersson. Dia akan menghubungi para pemimpin partai sebelum memutuskan bagaimana mencari solusi masalah ini.

Baca juga : Jadi Pejabat Harus Siap Dihujat

Partai Hijau sudah menyatakan akan memberikan dukungan pada Andersson dalam formasi baru di parlemen. Sedangkan Partai Tengah berjanji memilih abstain. Adapun Partai Kiri menyatakan akan mendukung Andersson.

Dalam rangkaian gejolak politik Swedia, Andersson menjadi perempuan pertama menjabat PM. Parlemen Swedia memilih Andersson yang saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan sekaligus pemimpin Partai Sosial Demokrat.

Baca juga : AS Roma Vs AC Milan, Taktik Mourinho Diuji

Andersson terpilih menjadi PM usai mengantongi 174 suara parlemen. Sementara, 117 suara menentang, dan yang abstain sebanyak 57 suara.

Andersson menduduki posisi itu menggantikan PM Stefan Lofven, yang mengundurkan diri dua pekan lalu.

Baca juga : Presdir Bank CIMB Niaga Mengundurkan Diri

Di bawah sistem Swedia, kandidat PM tidak perlu mendapat dukungan mayoritas di parlemen. Mereka hanya perlu menghindari suara yang menentangnya atau 175 suara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense