BREAKING NEWS
 

Tim Alzheimer Indonesia Tampil Di Inggris

Reporter & Editor :
MUHAMMAD RUSMADI
Senin, 20 Juni 2022 17:00 WIB
ALZI mendapat kehormatan memperagakan Poco-Poco Ceria pada pembukaan konferensi global Alzheimer’s Disease International (ADI) ke-35 di London, Inggris, pada 9 - 11 Juni 2022. Konferensi global ini diikuti 1000 peserta, lebih dari 50 negara. [Foto: Tim Alzheimer Indonesia -ALZI]

 Sebelumnya 
Laporan ini menekankan bahwa transformasi pencegahan penyakit Alzheimer dilakukan sepanjang masa hidup, dimulai dari identifikasi faktor risiko, melakukan terapi genetik, imunisasi anti Alzheimer, dan terapi modifikasi.

Laporan ini juga mengungkap, 75 persen orang dengan demensia (ODD) di dunia tidak terdiagnosis. Sementara di negara berpendapatan rendah menengah, diduga mencapai 90 pdersen ODD bahkan tidak terdiagnosis.

Alzheimer’s Disease International (ADI) dalam konferensinya setiap dua tahun sekali, memaparkan berbagai hasil-hasil penelitian terbaru seputar Alzheimer dari seluruh dunia, termasuk risiko demensia Alzheimer dan pencegahannya, pengaruh budaya dan stigma pada perawatan demensia dan perawatan orang dengan demensia pada umumnya.

Selain itu, juga menyangkut penemuan terkini seputar inovasi, teknologi dan kewirausahaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup orang dengan demensia. Konferensi ini juga wadah untuk memberi dukungan berupa kesempatan berbagi untuk pembicara-pembicara yang juga orang dengan demensia Alzheimer.

Baca juga : Tai Tzu Ying Sihir Istora

Tak hanya itu, ADI juga mengeluarkan informasi-informasi terbaru seputar akreditasi, standar dan menawarkan pelatihan perawatan demensia, tidak hanya untuk caregiver keluarga, tapi juga untuk caregiver profesional yang berbayar. 

DY Suharya, Global Review Panel Member & Regional Director Alzheimers Disease International (kanan) dan Amalia Fonk -Utomo (kiri) , Head of Alzheimers Disease International sebagai speakers, dimoderatori oleh Paola Barbarino (kedua kanan) di sesi Sesi Simposium - ADI Accereditation: Recognition in dementia care standards.

 

Tentang Alzheimer Indonesia

Untuk diketahui, pada 2019, diestimasi terdapat 55 juta Orang Dengan Demensia (ODD) di seleluruh dunia. Angka ini diprediksikan mencapai 78 juta pada 2030 dan 139 juta pada 2050. Mayoritas demensia Alzheimer terjadi pada perempuan.

Baca juga : Telkom Perluas Layanan Kesehatan Sampai Sampang

Di Indonesia, jumlah ODD tercatat sekitar 1,2 juta orang pada 2016, dan diprediksikan mencapai 2 juta pada 2030 dan 4 juta pada 2050.

Pada Juli 2000, Asosiasi Alzheimer Indonesia resmi menjadi anggota Alzheimer’s Disease International (ADI) sejak 2009. Lalu pada 2013, Yayasan Alzheimer Indonesia, (ALZI), didirikan oleh sekelompok keluarga caregivers ODD, didukung oleh dokter ahli serta relawan profesional multi disiplin.

ALZI merupakan sebuah organisasi non-profit yang memiliki visi untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia beserta keluarga dan caregivers di Indonesia.

Berkembangnya organisasi, dengan dukungan anggota dan relawan dari berbagai usia dan latar belakang, membuat Asosiasi Alzheimer Indonesia bergabung dan bertransformasi menjadi Yayasan Alzheimer Indonesia pada 2013.

Baca juga : Dukung UMKM, Danone Indonesia Resmikan Damping Center di Tangsel

Dengan kampanye “Jangan Maklum Dengan Pikun” yang memiliki jumlah relawan mencapai lebih dari 1000 orang, serta followers media sosial mencapai lebih dari 6000 orang, tersebar di 18 kota di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense