BREAKING NEWS
 

Dubes Rachmat Budiman Gelar Malam Budaya Indonesia Bersama Siam Society

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Jumat, 26 Mei 2023 06:09 WIB
Main Angklung Bersama: Dubes Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman (kedua kiri) main angklung dalam acara Malam Budaya Indonesia, Rabu, 24 Mei 2023. (Foto RM/KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand, mengadakan malam budaya Indonesia bertajuk “An Evening of Indonesian Music and Dance” di auditorium Siam Society, Rabu (24/5).

Acara ini digagas atas kerja sama Perwakilan Indonesia di Thailand dengan Siam Society, organisasi budaya Thailand bertaraf internasional, yang memiliki tujuan mempromosikan studi maupun pengetahuan budaya, sejarah, seni dan konversi warisan budaya Thailand, serta negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand merangkap United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) Rachmat Budiman dalam sambutannya menyampaikan, event yang mempromosikan seni budaya Indonesia adalah salah satu prioritasnya.

Baca juga : Pilpres Masih 9 Bulan Lagi, Banyak Yang Bisa Berubah

“Melalui budaya, kami berupaya terus meningkatkan pemahaman dan pengertian publik Thailand tentang Indonesia,” kata Dubes Rachmat dalam keteranganmya, kemarin.

Pemahaman ini, sambungnya akan membawa masyarakat kedua bangsa untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah. Sehingga akan memperkuat kerja sama kedua negara di tingkat bilateral dan juga di tingkat regional.

Adsense

Malam itu, penonton diajak menikmati sebagian kecil dari ribuan keanekaragaman seni dan budaya Indonesia yang dipersembahkan melalui musik dan tari. Penonton seakan dibawa berkelana dan berimajinasi, terbang berkeliling Pulau Aceh, Jawa hingga Bali.

Pertunjukan Tari Aceh Hingga Bali 

Baca juga : Sambut Hangat Ibu Negara Iran, Iriana Gelar Jamuan Teh Bersama Di Kebun Raya Bogor

Tari Pendet didaulat sebagai tarian pembuka. Dilanjutkan dengan permainan Gamelan Jawa, membawakan lagu dari daerah Jawa Tengah, yaitu Ladrang Ayun-ayun, Ayun-ayun Tanjung Gunung, dan Srepegan.

Penampilan selanjutnya adalah Tari Merak Subal, yang dilanjutkan dengan Tari Kelana Sewandana dan ditutup gerak Tari Rancak dan dinamis melalui Tari Ratoh Jaroe.

Penonton juga diajak main angklung, sekaligus menikmati permainan alat musik tradisional dari bambu yang dibuat siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok.

Baca juga : Pengalaman Suksesi Nabi

Lagu dari Indonesia Timur berjudul Rasa Sayange dan I have a Dream, serta lagu bergenre pop dari Thailand berjudul Sabai-sabai menarik antusiasme dan decak kagum penonton hingga berdendang bersama.

Selain promosi seni dan budaya, KBRI Bangkok juga menyisipkan promosi kuliner tradisional Indonesia. Berupa penyajian kue pastel dan bika Ambon serta pemutaran video destinasi pariwisata prioritas Indonesia. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense