BREAKING NEWS
 

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (4)

Minggu, 22 Agustus 2021 06:18 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam istilah Durkheim, disebut soli­darits mekanis, suatu solidaritas yang terda­pat dalam masyarakat komunal. Solidaritas semacam ini, me­mang berakar pada struktur masyarakat agraris dan biasanya berpusat di sekitar tokoh-tokoh kharismatik.

Baca juga : Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (3)

Dalam bidang pembaruan, sepanjang sejarah nasional Indonesia, yaitu pada awal abad ke-20, para kiai atau ulama telah tampil peranannya sebagai bagian dari golongan pembaru.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (2)

Ricklefs, dalam melukiskan gerakan pembaruan dan aksi protes pada belahan abad ke-20, menempatkan kedudukan kiai berhadapan dengan para jamaah haji yang membawa paham baru dari Timur Tengah. Hal ini menginspirasi para jamaah haji untuk melakukan sebuah gerakan pembaruan setelah kembali ke Indonesia. Apalagi, mereka menjumpai para kiai dalam paham yang mereka pandang kolot.

Adsense

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (1)

Di sisi lain, pandangan modern meli­hat berlangsungnya eksistensi pesantren dan berperannya para kiai dalam ke­hidupan masyarakat, sebagai indika­tor keterbelakangan atau lambatnya perubahan sosial menuju masyarakat modern.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense