BREAKING NEWS
 

Antisipasi Lonjakan Kendaraan Selama Nataru, Jasa Marga Berlakukan Sistem Buka Tutup Rest Area

Reporter : DANU ARIFIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Kamis, 23 Desember 2021 21:13 WIB
Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru Santoso, di Jakarta, Kamis (23/12). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga menerapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan di sepanjang periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Salah satunya, dengan menerapkan sistem buka tutup di rest area.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan, sejak H-8 sampai dengan H-3 perayaan Nataru, pihaknya telah mencatat ada sebanyak 938.141 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek.

Angka ini menandai adanya lonjakan arus kendaraan sebesar 7,8 persen jika dibandingkan lalu lintas (lalin) normal periode November 2021.

Baca juga : Yuk Ah, Kita Jaga Kasus Corona Tetap Terkendali

"Untuk mengantisipasi akan adanya lonjakan baru, kami telah membuat beberapa kebijakan. Mulai dari memberlakukan buka tutup di rest area, menyediakan bahan bakar di tempat strategis, kami sejak November lalu juga telah membentuk satgas penanganan kondisi darurat yang akan mengatasi segala permasalahan yang terjadi di jalan tol," ujar Heru kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (23/12).

Dia memastikan, dalam penerapan sejumlah kebijakan ini pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, dan sejumlah institusi terkait. Contohnya, dengan Jasa Raharja dan Pertamina, sebagai upaya memberi kenyamanan, dan jaminan keselamatan kepada pengguna jalan tol.

Adsense

Mulai dari memberi pelayanan pengecekan tekanan ban, dan pengecekan kesehatan di sejumlah rest area di Jalan Tol Trans Jawa.

Baca juga : Strategi Ganjar Tekan Covid Jelang Nataru, Tempel Stiker Hingga Random Testing

 "Layanan kesehatan seperti berupa cek antigen akan ditempatkan di Rest Area Km 575 A Jalan Tol Solo-Ngawi. Sedangkan dengan Pertamina, kami menyediakan BBM Modular/Pertashop dan BBM Kemasan dengan Motoris," paparnya.

Heru juga menyarankan calon pengendara menyiapkan diri dan kendaraannya sebaik mungkin sebelum memasuki area jalan tol. Mulai dari memastikan rute yang akan ditempuh, sampai mempersiapkan bahan bakar.

"Kalau bisa bahan bakar diisi full dulu. Takutnya di tengah jalan ada kemacetan. Pastikan juga rute perjalanan. Selain tetap kedepankan protokol kesehatan Covid-19," sarannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense