Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perlunya Antisipasi Lonjakan Mobilitas

Libur Nataru, Masyarakat Bakal Tumplek Blek Di Tempat Wisata

Kamis, 4 November 2021 06:20 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Marji-Medcom).
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Marji-Medcom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 meminta tempat tujuan wisata dibuka terbatas pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ini upaya mengantisipasi lonjakan mobilitas dan gelombang ketiga Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, menjelang libur Nataru kebijakan akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus terkini dan kondisi di lapangan. Seperti pergerakan orang di lokasi wisata, pertokoan dan tempat peribadatan.

“Pastikan tempat-tempat tujuan wisata dibuka terbatas pada periode Nataru dan telah membentuk satgas protokol kesehatan (prokes) di fasilitas publik,” ujar Wiku.

Baca juga : Sebaiknya Kita Waspada...

Wiku menegaskan, perlunya penguatan prokes dan peningkatan angka vaksinasi. Dia juga meminta masyarakat selalu mematuhi kebijakan pemerintah sebagai upaya melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan semua pihak mengantisipasi lonjakan mobilitas. Pergerakan masyarakat yang tinggi saat libur Nataru harus diwaspadai agar tidak menjadi lonjakan gelombang baru di Indonesia.

“Perlunya antisipasi masa liburan yang cukup panjang, sehubungan dengan Natal dan Tahun Baru,” kata Ma’ruf saat memimpin rapat terbatas terkait evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagaimana dirilis Sekretaris Wapres, Senin (1/11).

Baca juga : Kita Akan Hidup Bersama Covid-19

Apalagi, peningkatan mobilitas yang cukup tinggi diperkirakan sudah dimulai sebelum libur Nataru.

Ma’ruf mengatakan, saat ini saja sudah terjadi peningkatan pergerakan masyarakat seiring dengan berbagai kebijakan relaksasi yang dikeluarkan pemerintah. “Perlunya memikirkan mitigasi terbaik,” katanya.

Ma’ruf mengatakan, selain mitigasi, pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) dan vaksinasi Covid-19, juga perlu terus ditingkatkan untuk memberi perlindungan terhadap masyarakat dan mencegah terjadinya gelombang ketiga.

Baca juga : Netizen Pro-Kontra Integrasi PeduliLindungi Ke Aplikasi Lain

“Hal yang sudah kita capai ini perlu kita tetap pertahankan,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberi perhatian khusus kepada Bali.

Pasalnya, selain kerap menjadi salah satu lokasi tujuan wisata saat libur Nataru, pada Maret, Mei dan sepanjang tahun 2022 juga akan ada acara-acara besar berskala internasional di Bali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.