BREAKING NEWS
 

Kasus Suap Izin Gerai

KPK Enggan Jerat Alfamidi, Ada Apa?

Reporter : BHAYU AJI PRIHARTANTO
Editor : RIFFMY
Kamis, 8 September 2022 07:30 WIB
Karyawan Alfamidi Amri (tengah) mengenakan rompi tahanan sesaat sebelum dihadirkan dalam konferensi pers penahanan tersangka penyuap mantan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Amri ditahan penyidik KPK sebagai tersangka kasus dugaan pemberian suap kepada mantan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy terkait izin pembangunan Alfamidi tahun 2020 di Pemerintahan Kota Ambon. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj).

 Sebelumnya 
“Dia (perusahaan) ingin membuat lapak atau tempat usaha, di situ ada distribusi barang, jasa, karyawan, nanti ada transaksi, ada pajak dan lain-lain,” kata Karyoto.

Ia merasa prihatin dengan adanya kasus ini. Lantaran gerai tidak jadi dibuka. Bisa jadi tanah atau bangunan yang sudah disewa menjadi terbengkalai. Pemilik lahan pun merugi karena asetnya tidak jadi menghasilkan uang.

Baca juga : KPK Tangkap Bupati Mimika Eltinus Omaleng

“Makanya kami minta para pengusaha berani men-declare (kalau) kami dipersulit para pejabat yang punya kewenangan,” imbau Karyoto.

Terakhir, Karyoto meminta setiap daerah menyediakan pelayanan satu atap. Supaya birokrasi perizinan tidak terlalu panjang. Hal ini bisa menutup celah korupsi.

Baca juga : Anies Siap Diperiksa KPK Terkait Formula E

Apalagi Presiden Joko Widodo, ujar Karyoto, sudah memerintahkan memangkas aturan yang menghambat investasi.

Dalam kasus ini, Amri ditunjuk Alfamidi untuk pengurusan izin gerai. Ia lalu mendekati Richard. Menawarkan uang agar izin cepat keluar.

Baca juga : Kasus Sambo Pintu Masuk Reformasi Kelembagaan Polri

Richard memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memproses izinan gerai Alfamidi. Diantaranya Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Setiap izin yang diberikan, Richard meminta imbalan minimal Rp 25 juta. Amri mentransfer uang ke rekening Andrew Erin Hehanussa, orang kepercayaan Richard. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense