BREAKING NEWS
 

Tegakkan Protokol Kesehatan, Pemerintah Desak Seluruh Daerah Aktifkan Lagi Posko Covid-19

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 7 Januari 2021 15:26 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo.(Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan, pemerintah akan mengaktifkan kembali Posko Covid-19 di seluruh provinsi serta kabupaten dan kota untuk menegakkan protokol kesehatan.

"Yang harus kita lakukan sekarang adalah memanfaatkan seluruh jaringan pemerintah sampai ke tingkat paling rendah yaitu desa, kelurahan," katanya dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (7/1).

Baca juga : Corona Menggila, Pemerintah Aktifkan Kembali Posko Covid-19

Diketahui, untuk menekan kasus aktif yang meningkat, pemerintah pusat memutuskan melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah Jawa dan Bali dalam periode 11 hingga 25 Januari 2021.

Adsense

Doni menegaskan, Satgas Covid-19 sudah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian serta melakukan pertemuan dengan para kepala daerah untuk kembali mengaktifkan posko di seluruh wilayah. Doni berharap, pemerintah daerah mengambil tindakan tegas lewat Posko Covid-19.

Baca juga : Doni Minta Kepala Daerah Aktifkan Lagi Posko Covid

"Termasuk penjatuhan sanksi bagi yang abai," ujar Kepala BNPB ini.

Seperti sebelumnya, Posko Covid-19 terdiri dari berbagai elemen dari pemerintah pusat dan daerah, TNI, Polri serta berbagai lembaga lainnya. Selain penegakkan sanksi, petugas juga diminta rutin mengdukasi dan sosialisasi protokol kesehatan, vaksinasi, dan lainnya.

Baca juga : Pemkot Tangerang Ubah Puskesmas Jadi RS Tipe D

"Daerah-daerah yang rutin bertahan selalu mengingatkan, mampu menekan kasus. Tetapi ada daerah yang fluktuatif, ada saatnya rajin, tiba-tiba mengendor akhirnya kasusnya naik," ingatnya.

Karena itu, dia mengingatkan, dalam menghadapi pandemi ini, butuh stamina ekstra. Sebab, masih belum diketahui kapan pandemi berakhir. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense