BREAKING NEWS
 

Siang Boleh Disuntik, Apalagi Malam Hari

Vaksinasi Tak Batalkan Puasa, Kecuali Sambil Gigit Odading...

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Jumat, 9 April 2021 05:28 WIB
Ilustrasi Vaksinasi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Program vaksinasi Covid-19 terus berlanjut selama Ramadan. Kegiatan itu akan dilakukan siang dan malam hari.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa. Isinya, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Baca juga : Kasus Virus Corona Turun Tapi Hoaks Masih Tinggi

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menegaskan, berdasar­kan fatwa MUI tersebut, vaksinasi tetap bisa dijalankan pada siang hari. Bahkan, jika me­mungkinkan ada penambahan sesi vaksinasi pada malam hari.

“Setelah fatwa ini dikeluarkan, kita akan tetap melakukan vaksinasi pada pagi hari dan mungkin nanti malam hari,” ujar Nadia dalam siaran pers ‘Temu Media Update Penanggulangan Covid-19,’ Minggu (4/4).

Baca juga : Airlangga Ingatkan Lagi Perusahaan Swasta Bayar THR

Pelaksanaan vaksinasi pada malam hari, lanjut Nadia, bisa dijalankan melalui pos-pos vaksinasi seperti di masjid atau di tempat-tempat ibadah. Dia tidak ingin ada gangguan selama Ramadan dan target vaksinasi tetap terpenuhi.

Akun @GekmaRenata menegaskan, Kemenkes tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19 saat Ramadan. Keputusan Kemenkes itu sesuai Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa. “Boleh dilakukan saat berpuasa,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense