BREAKING NEWS
 

Indonesia Bakal Jadi Pusat Produksi Vaksin

Beneran Nih, Nggak Di-PHP?

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Minggu, 1 Agustus 2021 05:05 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden).

 Sebelumnya 
Bosomoro mengatakan, Pemerintah harus merealisasikan rencana pusat produksi vaksin secepat mungkin agar kebutuhan vaksin dalam negeri bisa terpenuhi. “Jangan pakai lama,” katanya. “Ih mantap kali, gaskan jangan PHP (pemberi harapan palsu) yes,” tambah irham­silmi.

“Kalau benar bisa produksi mRNA ya bagus sih. Angkat jempol gw, tapi tetap tolong diper­baiki itu penyebarannya. Dari sisi Pemerintah bikin regulasi yang tegas. Vaksin saja nggak cukup menghentikan pandemi,” ujar dian­taratitik.

MinakMegaow mengungkapkan, akan ada banyak manfaat yang didapat Indonesia jika menjadi pusat produksi vaksin. Kata dia, den­gan menjadi pusat vaksin, Indonesia akan men­jadi pusat pengembangan bahan baku vaksin. “Peningkatan produksi vaksin nasional dapat terpenuhi,” tuturnya.

Baca juga : Semua Merek Vaksin Efektif Lawan Covid

“Semoga Indonesia jadi pusat produksi vaksin berbasis mRNA. Mudah-mudahan lan­car dan sukses, halal, kembali hidup normal lagi semua makhluk hidup di dunia,” kata sweetpotatoeshoney. “Hub diperlukan untuk menggenjot produksi vaksin Covid-19,” tegas arya_pagi.

Ihsanpramanda mengatakan, pembangunan pusat produksi vaksin di Indonesia sangat penting demi kemajuan riset, penelitian dan teknologi dalam negeri. “Ada transfer ilmu di dalamnya,” ujarnya.

Sedangkan yandjojo74 mengatakan, pusat produksi vaksin akan meningkatkan perekono­mian Indonesia. “Bagus juga buat pendapatan negara kali ya. Mudah-mudahan ekonomi segera pulih dan Corona menghilang segera,” ungkapnya.

Baca juga : Siapkan Diri Dengan Vaksinasi, Jalani Prokes Dan Jaga Perilaku

“Jika isu kapasitas produksi dan distribusi vaksin tidak segera ditangani, saya khawatir akan semakin lama kita dapat menyelesaikan pandemi ini,” tutur thewindNcloud.

Sementara 16khaidar_ lebih setuju Indonesia mandiri dalam memproduksi vaksin. Kata dia, lisensi pembuat vaksin dibebaskan. Pemerintah dapat mengkopi dari vaksin tersebut dan produksi sendiri di Indonesia.

“Pastikan setiap daerah mendapatkan paso­kan vaksin sesuai kebutuhan daerah. Jangan berat di pusat tapi ringan di daerah,” tuturnya.

Baca juga : Pemda Lamban Testing Dan Lelet Vaksinasi, Apa Perlu Disanksi?

“Vaksin merah putih bagaimana kelanjutan­nya?” tanya alimnnr_. “Vaksin merah putih masih uji klinis. Akhir tahun sepertinya sudah bisa beredar,” jawab viral.kekinian. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense