Dewan Pers

Dark/Light Mode

Fasilitas Dan Obat-obatan Lebih Lengkap

Jangan Ragu Ke Isoter, Tempat Paling Baik Buat Pasien Corona

Rabu, 28 Juli 2021 05:05 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito Memberikan Bantuan Untuk Posko PPKM dan Isolasi Terpusat di DI Yogyakarta, Selasa (27/7).  (Foto : Istimewa).
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito Memberikan Bantuan Untuk Posko PPKM dan Isolasi Terpusat di DI Yogyakarta, Selasa (27/7). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh tempat isolasi terpusat (isoter) sudah dilengkapi dengan tenaga kesehatan (nakes), obat-obatan dan perawatan untuk memulihkan kondisi pasien Covid-19. Jadi, masyarakat tak usah ragu ke isoter.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengungkapkan, syarat menjalani perawatan di isolasi terpusat kini lebih mudah.

“Kalau dulu kan wajib PCR (Polymerase Chain Reaction), sekarang antigen sudah bisa dirujuk,” ujarnya, Senin (26/7).

Berita Terkait : Kebutuhan Rakyat Dibantu, 3T Ditingkatkan, Ini Baru Mantap

Ganip mengatakan, tempat-tempat isolasi terpusat yang disediakan pemerintah sudah disiapkan pendukung perawatan bagi pasien, seperti tenaga medis hingga obat-obatannya. Dengan demikian, perawatan akan lebih maksimal untuk pemulihan kondisi ketika terpapar virus Corona.

“Sekali lagi, jangan ragu untuk berangkat ke tempat isolasi terpusat, karena tempat itulah tempat yang baik untuk kita memulihkan kondisi dan menjaga diri kita, juga orang lain di sekitar kita,” tutur Ganip.

Dia mengungkapkan, saat ini tingkat keterisian fasilitas isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 di sejumlah tempat belum banyak terisi atau masih banyak kosong. Contohnya, di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kemayoran, Jakarta, hingga kini tingkat keterisian tempat tidurnya baru sekitar 47 persen.

Berita Terkait : Bukan Nakut-nakutin Lho Waspada, Wajib Hukumnya

“Lalu di Rumah Susun (Rusun) Nagrak baru terisi 260 orang. Situasi serupa juga terjadi di Rusun Pasar Rumput Jakarta Selatan. Dari total 6.000 kapasitas tempat tidur perawatan, baru terisi 110 orang. Masih sangat kosong,” bebernya.

Ganip mengatakan, secara total tempat isolasi terpusat di tiga lokasi di Jakarta tersebut bisa menampung hingga 10.000 pasien. Kata dia, Jabodetabek pun sama. Bandung, Depok dan Tangerang, semua siap menampung masyarakat yang tanpa gejala dan gejala ringan.

“Tingkat keterisian tempat tidur perawatan pasien di fasilitas isolasi terpusat di Solo, Jawa Tengah, juga baru terisi 400 tempat tidur, dari total kapasitas yang tengah disiapkan 1.700 tempat tidur,” ungkapnya.

Berita Terkait : 1-2 Juta Vaksin Per Hari, Bisa!

Fasilitas serupa juga disiapkan di Yogyakarta. Sebanyak 600 tempat tidur disiapkan dengan memanfaatkan asrama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) serta fasilitas yang dimiliki Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 Selanjutnya