BREAKING NEWS
 

Bandwagon Effect 2024

Reporter & Editor :
SUPRATMAN
Minggu, 30 Juli 2023 05:46 WIB
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Sayangnya, salah pilih dalam politik, efeknya bisa sampai lima tahun. Berbeda dengan salah pilih kuliner yang lagi tren, yang efeknya cuma “besok lusa tak akan balik lagi”.

Karena itu, jangan terlalu mudah percaya terhadap rayuan politisi atau parpol mana pun. Pertimbangkan dengan matang. Evaluasi secara kritis.

Apalagi, seperti kata negarawan Prancis Charles de Gaulle, “politisi tidak pernah percaya ucapannya sendiri, karena itu, mereka sangat terkejut ketika rakyat mempercayainya”.

Baca juga : Isu Capres Dan "Judi Politik"

Karenanya, jangan terburu-buru ikut satu kelompok politik. Cermati dengan sabar. Siapkan waktu untuk mempelajarinya. Pilih secara mandiri.

Jangan memaksakan diri untuk ikut hanya karena banyak orang yang juga ikut serta. Sementara, tidak jarang kemeriahan itu karena “mobilisasi massa”. Bukan karena “baik atau benar”.

Apakah masyarakat kita banyak yang terpengaruh bandwagon effect. Sangat mungkin.

Baca juga : KPK, Antara Telur Dan Ayam

Di Amerika Serikat, istilah ini popular pada abad ke-19. Saat itu, seorang badut bernama Dan Rice mengelilingi negara bagian menggunakan “kereta musiknya”.

Dia mengkampanyekan Presiden Zachary Taylor yang juga ikut di keretanya. Banyak yang mengikuti dan naik ke kereta musiknya. Dari kereta musik itulah muncul istilah bandwagon effect.

Bagaimana dengan Indonesia 2024? 

Baca juga : Senyum Manis Membawa Luka

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 30 Juli 2023 dengan judul "Bandwagon Effect 2024"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense