Dark/Light Mode

Calon Menteri Milenial yang Disodorkan ke Jokowi: Dari AHY, Puti, sampai Rapsel Ali

Kamis, 11 Juli 2019 20:10 WIB
AHY, Rafsel Ali, dan Puti Guntur Soekarno Putri. (Foto: Istimewa)
AHY, Rafsel Ali, dan Puti Guntur Soekarno Putri. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wacana kabinet pemerintahan Jokowi- Ma’ruf akan diisi menteri-menteri muda terus bergulir. Sejumlah nama yang dianggap mewakili milenial digadang-gadang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II

Usulan nama-nama figur muda pun berdatang dari berbagai kalangan. Salah satunya Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP BP). Organisasi ini bahkan berani menyodorkan 37 nama figur-figur muda yang dianggap potensial dan berprestasi ke Jokowi. 

“Mereka ini kami anggap memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin kementerian. Mereka juga masuk dalam kategori muda dan milenial yang diinginkan presiden,” jelas Ketua PP PB, Syafrudin Budiman, dalam keterangannya, Kamis (11/7).

Baca juga : Jokowi: Saya Pemimpin 100% Rakyat Indonesia

PP BP merupakan salah satu organisasi relawan pemenangan Jokowi Ma`ruf Amin. Dari 37 nama tersebut, sebagian besar merupakan sosok yang sudah dikenal  publik. Terdapat juga sosok yang memiliki hubungan keluarga dengan presiden dan wakil presiden. 

Putra Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), masuk di dalamnya. Ketua Kogasma Partai Demokrat ini memang santer disebut akan masuk kabinet.
Ada juga cucu Presiden Soekarno, Puti Guntur Soekarno Putri. Politisi muda PDIP ini dinilai berpotensi meski gagal saat bertarung di Pilgub Jawa Timur.

Nama lain adalah Muhammad Rapsel Ali. Politisi Partai Nasdem ini merupakan caleg terpilih DPR periode 2019-2024. 

Baca juga : Calon Menteri Yang Diburu Jokowi: Umur 20-30 Tahun Parasnya Cantik

Rapsel merupakan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo). Dia juga komisaris kantor berita Fajar Indonesia Network (FIN), yang membawahi 92 media cetak, online, dan televisi di Sumatera, Jawa, Sulawesi, hingga Maluku. Rapsel juga punya latar belakang seperti AHY dan Puti. Dia merupakan menantu wapres terpilih, Ma’ruf Amin. 

Dari pihak Nasdem, menyatakan bahwa mereka memang sudah menyiapkan kader-kader muda terbaiknya untuk masuk kabinet. Sekjen Partai Nasdem, Johnny Gerard Plate, mendukung jika kabinet diisi menteri yang masih muda, segar, memiliki perspektif Indonesia masa depan yang energik.

“Kalau dari Nasdem banyak. Kami punya kader muda mumpuni,” ungkap Johnny.

Baca juga : Wow...Dana Kampanye Jokowi-Maruf Hampir Rp 1 T

Hal senada diungkapkan anggota Dewan Pakar Nasdem,Teuku Taufiqulhadi. Dia setuju dengan usulan bahwa kabinet harus diisi tokoh muda. Meski demikian, dia mengatakan bahwa generasi muda yang akan mengisi pos menteri sebaiknya yang mempunyai legitimasi politik.

“Lebih tepatnya generasi muda. Di negara yang menganut sistem parlementer, lebih mudah mencari tokoh muda untuk jadi anggota kabinet. Mereka yang terpilih sebagai anggota parlemen biasanya diusulkan jadi menteri," kata Taufiqulhadi. [KAL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.