Dark/Light Mode

Isu Reshuffle Kabinet Menguat

Pengamat: 4 Menteri Ini Layak Dipertahankan

Kamis, 9 Mei 2019 22:45 WIB
Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio (Foto: Istimewa)
Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendekati masa jabatan terakhir kabinet Jokowi-JK, isu reshuffle berhembus dan hangat dibicarakan publik. Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio ikut bersuara. Namun, dia tidak bicara mengenai menteri yang pantas ditendang dari kabinet. Dia bicara menteri-meteri yang wajib dipertahankan Jokowi.

Dalam pandangan Hendri, ada empat Menteri yang perlu dipertahankan Jokowi. Pertama, Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Menteri Basuki dinilai mampu menterjemahkan visi Jokowi tentang infrastruktur dan menjalankannya dengan baik. “Menteri Basuki bisa dikatakan sangat jitu menerjemahkan visi Jokowi terkait infrastruktur,” ujar Hendri, di Jakarta, Kamis (9/5).

Baca juga : Reshuffle Kabinet Ramai di Luar, Sepi di Istana

Kedua, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Kendati berbagai kebijakannya sempat menuai polemik, tapi Susi mampu meningkatkan produk perikanan. Kerjanya patut diacungi jempol. “Gayanya yang lugas membuat dirinya dianugerahi julukan the next people champion oleh banyak kalangan,” imbuhnya.

Ketiga, Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Menurut Hendri, kebijakan Amran yang sangat memperhatikan kesejahteraan petani mampu menggenjot hasil pertanian secara signifikan. “Amran berhasil menjaga stok keamanan pangan yang membuat rakyat lebih nyaman sebab ketersediaan pasokannya aman. Kebijakan Menteri Amran minim protes dari rakyat dan khalayak pertanian”, katanya.

Baca juga : Reshuffle Untuk Citra Pemerintahan Jokowi

Keempat, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. Menurut Hendri, Bambang mampu melakukan perencanaan yang tepat dan akurat sehingga membuat Jokowi lebih mudah menetapkan kebijakan strategis. Yang terbaru adalah keputusan tentang pemindahan Ibukota.

Di luar nama itu, dia yakin ada beberapa menteri yang bakal bebas dari reshuffle. Menteri-menteri itu adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Mereka antara lain Mensesneg Pratikno dan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan.

Baca juga : Warganet Dukung Jokowi Rombak Menteri Bermasalah

“Menteri Luhut dan Pratikno memang dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Keduanya sangat mungkin masih dipertahankan,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.