Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Alexander KPK Disarankan Tak Ikut Rapat Soal Rafael

Saut Situmorang: Alex Gentleman Urusan Konflik Kepentingan

Minggu, 19 Maret 2023 08:21 WIB
Mantan Wakil Ketua KPK, Saut Sitomorang. (Foto: Istimewa)
Mantan Wakil Ketua KPK, Saut Sitomorang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata dengan bekas Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo, terungkap ke publik.

Hubungan itu, adalah sama-sama belajar di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada angkatan yang sama, yakni tahun 1986. Atas dasar itu, muncul rasa khawatir terjadi konflik kepentingan, mengingat KPK tengah menyelidiki harta kekayaan Rafael.

Baca juga : Boyamin Saiman: Paling Mudah Dan Tidak Bertele-tele

Karena itu, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman berpendapat, Alex sebaiknya tidak mengikuti rapat apa pun yang terkait Rafael di KPK. Sebab, Alex dan Rafael bukan sekadar satu sekolah, tapi satu angkatan di STAN. “Tak cukup jika hanya menyatakan kenal akrab karena satu angkatan,” kata Boyamin, kemarin.

Alex membantah terdapat konflik kepentingan dalam proses penyelidikan terhadap Rafael. Apalagi, dia mengaku, tidak memiliki hubungan bisnis dengan Rafael.

Baca juga : KPK Sebut Penunjukan BW Sebagai Kuasa Hukum Mardani Maming Penuh Konflik Kepentingan

Selain itu, Alex mengaku, pimpinan KPK tidak akan mencampuri tugas tim penyelidik. “Penyelidik KPK profesional. Pimpinan tidak akan mengintervensi,” kata Alex dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/3).

Juru Bicara KPK Ali Fikri menambahkan, adanya kesamaan tempat pendidikan dan hubungan kekerabatan, kadang tak bisa dihindarkan antara petugas KPK dengan yang sedang diusut kasusnya.

Baca juga : Kepala Daerah Kudu Hindari Gesekan Konflik Kepentingan

“Satu alumni, satu angkatan, bahkan ada hubungan kekerabatan antara insan KPK dengan pihak yang sedang diusut kasusnya, seringkali terjadi. Karena, kita semua makhluk sosial,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/3).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.