Dark/Light Mode

Partai Golkar Terancam Ditinggal Sendirian Di KIB

Firman Soebagyo : Semua Belum Final, Belanda Masih Jauh

Senin, 5 Juni 2023 07:20 WIB
Firman Soebagyo, Wakil Ketua Umum Partai Golkar. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Firman Soebagyo, Wakil Ketua Umum Partai Golkar. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendekati pendaftaran Capres dan Cawapres 2024, peta koalisi antar partai politik semakin dinamis. Banyak partai politik yang berbalik arah dan meninggalkan koalisinya.

Yang teranyar, Partai Amanat Nasional (PAN) menyiratkan akan merapat ke barisan koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Padahal, PAN berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bahkan, PPP sudah duluan berkoalisi dengan PDIP.

Seperti diketahui, pimpinan PAN bertemu dengan pimpinan PDIP. Pertemuan berlangsung di Kantor DPP PDIP, Jalan Dipo­negoro, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (2/6).

Baca juga : Gelar Beragam Acara Di Bulan Bung Karno Juni Mendatang, PDIP Belum Bicara Capres

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengakui, kedatangannya ke Kantor DPP PDIP untuk penjajakan koalisi. "Secara resmi, ini pertama kali kami bertemu Bu Megawati un­tuk membicarakan penjajakan koalisi Pilpres 2024," kata Zulhas dalam keterangannya, Jumat (2/6/2023).

Menteri Perdagangan ini menambahkan, pertemuan tersebut adalah silaturahmi lanjutan dengan para petinggi PDIP. Selama ini, Zulhas mengaku sering melakukan pertemuan dengan jaja­ran pengurus PDIP, sejak didapuk Presiden Joko Widodo men­jadi Menteri Perdagangan selama setahun terakhir. "Sesama partai koalisi, kami sering bertemu. Hubungan kami erat dan panjang sejak awal reformasi," tutur Zulhas.

Apa potensi PAN berkoalisi dengan PDIP cukup besar? Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengakui, PAN dan PDIP kerap menjalin kerja sama. "Kerja sama politik antara PAN dan PDIP, masih terbuka lebar dan semakin banyak titik temu pemikiran dan kepentingan," ucapnya.

Baca juga : Gelar Program Bina Industri Desa, Kimia Farma Bina Petani Tempuyung

Lantas, apakah Golkar akan ditinggal sendirian di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)? Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman Soebagyo masih santai melihat manuver PAN itu.

Untuk membahasnya lebih lanjut, berikut wawancara dengan Firman Soebagyo mengenai hal tersebut.

Ketua Umum PAN dan Ketua Umum PDIP bertemu. Ada potensi berkoalisi. Tanggapan Anda?

Baca juga : Gerakan Rakyat Desa Pendukung Ganjar Di Banten Bagikan Sembako Untuk Pedagang Pasar

Semuanya belum final. Belanda masih jauh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.