Dark/Light Mode

Anak Dan Murid Gus Dur Masuk Daftar Calon Pendamping Anies

Kamhar Lakumani: Mas Anies Sudah Kantongi Satu Nama

Senin, 3 Juli 2023 07:10 WIB
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu Partai Demokrat. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu Partai Demokrat. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain mengajukan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Partai Demokrat merekomendasikan Yenny Wahid sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan.

Menurut Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, nama AHY, Yenny dan lainnya, pernah dipresentasikan Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief, beberapa bulan lalu.

Karena itu, muncul prediksi, Yenny termasuk yang berpotensi menjadi Cawapresnya Anies, selain Ketua Umum Partai Demokrat AHY, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mantan Gubernur Jawa Barat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan (Aher) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Melihat lima nama itu, ada dua tokoh perempuan dari kalangan Nahdliyin yang dimasukkan ke dalam daftar bakal Cawapresnya Anies. Terlepas, mereka bersedia atau tidak menjadi Cawapres.

Baca juga : Kamhar Lakumani: Sinyal Cawapresnya Dari Internal Koalisi

Dua nama itu, yakni Khofifah dan Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid. Meskipun bukan kepala daerah atau pejabat negara, Yenny yang bernama lengkap ZannubaArifah Chafsoh cukup bersinar, lantaran berhasil membawa atlet panjat tebing Indonesia, seperti Kiromal Katibin menjadi juara dunia.

Lebih spesifik lagi, dua nama ini adalah orang dekat mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bahkan, Yenny adalah putri Gus Dur. Sedangkan Khofifah adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan, saat Gus Dur menjadi Presiden. Bisa dibilang, Yenny dan Khofifah adalah murid Gus Dur. Karena, mereka belajar banyak hal dari Gus Dur.

Menurut Anggota Tim 8 (pembahas daftar nama Cawapres Anies) Sudirman Said, pernah ada pernyataan teman-teman Koalisi Perubahan mengenai lima nama bakal Cawapres.

Namun, Sudirman tidak bersedia menyebut nama-nama itu. "Belakangan, mengerucut jadi tiga, akhirnya tinggal satu nama," ucapnya.

Baca juga : Paloh: Mas AHY Lebih Dari Pantas, Potongan Ganteng...

Hal itu, katanya, dianggap sudah selesai. Sekarang, tiba giliran Anies mencari waktu terbaik untuk memutuskan dan menjelaskan tentang siapa yang dipilihnya sebagai Cawapres.

"Kami memberikan kesempatan kepada Pak Anies untuk beribadah dengan tenang. Siapa tahu setelah kembali, Anies bisa segera mengumumkan pilihannya," tutur Sudirman.

Berikut wawancara dengan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengenai daftar bakal Cawapresnya Anies ini.

Apa pertimbangan Demokrat memasukkan nama Yenny Wahid, selain AHY ke dalam daftar bakal Cawapresnya Anies?

Baca juga : Calon Pendamping Riza, Diputuskan Setelah Pileg

Sepengetahuan kami, nama-nama yang disampaikan itu, merujuk pada aspirasi yang dihimpundari berbagai sumber dan masyarakat.

Termasuk, yang disampaikan para pimpinan partai anggota Koalisi Perubahan dan Persatuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.