Dark/Light Mode

Muhaimin Atau Mahfud Yang Bakal Meraup Suara Nahdliyyin

Maman Imanul Haq: Ada Yang Ke AMIN Ada Yang Ke Sana

Sabtu, 21 Oktober 2023 06:20 WIB
Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanul Haq. (Foto: Istimewa)
Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanul Haq. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perebutan suara warga Nahdlatul Ulama (NU) diprediksi akan ketat. Pasalnya, dua Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlatar belakang Nahdliyyin.

Dua Cawapres itu adalah Muhaimin Iskandar yang mendampingi Anies Baswedan, dan Mahfud MD yang mendampingi Ganjar Pranowo.

Muhaimin maju bersama Anies dalam Koalisi Perubahan. Mereka diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Muhaimin yang juga Ketua Umum PKB identik dengan Nahdliyyin, khususnya di Jawa Timur (Jatim). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, PKB memperoleh 13,57 juta suara pada Pemilu 2019 dan terbanyak adalah di Jawa Timur, dengan perolehan 4,19 juta suara.

Baca juga : Menko Mahfud Dan Mendagri Turki Teken Perjanjian Payung Kerja Sama Keamanan

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, Maman Imanul Haq tak memungkiri, suara warga NU dalam pesta demokrasi ini, akan terpecah ke beberapa partai, ke beberapa calon. "Tetapi, PKB adalah alat warga NU dalam politik," ucap Maman kepada Rakyat Merdeka, Jumat (20/10).

Seiring waktu, Ganjar berduet dengan Mahfud MD. Mereka diusung PDIP, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Perindo.

Mahfud MD juga berasal dari Jatim, tepatnya dari Madura. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan ini, digadang-gadang akan menjadi saingan berat Muhaimin merebut suara Nahdliyin.

Baca juga : Ada Yang Mau Segera, Ada Yang Minta Sabar

Ketua Dewan Pembina Ganjarian Spartan, Ahmad Nurul Huda mengatakan, Nahdliyin senang ada dua Cawapres berasal dari kalangan NU. Namun, ia meyakini, warga NU akan lebih memilih Mahfud ketimbang Muhaimin.

“Pak Mahfud adalah produk pesantren NU. Saya meyakini, secara individu, kiai-kiai NU akan merestuinya,” ujar Nurul Huda, Jumat (20/10). Intinya, pendukung Muhaimin dan Mahfud, saling klaim bahwa jagoan mereka yang paling oke. Berikut wawancara dengan Maman Imanul Haq, mengenai hal ini.

Mahfud MD yang juga dekat dengan warga NU, menjadi Cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Apakah Mahfud akan menyulitkan PKB memenangkan Anies-Muhaimin?
Menurut banyak survei, Nahdliyin atau pengikut NU sekitar 95 juta orang. Itu dalam berbagai pemilihan, Pilpres, Pilkada. Tapi, tidak satu pilihan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.