Dark/Light Mode

Koalisi Besar Jadi Omongan

Saleh Partaonan Daulay: Sebaiknya Bukan Berdasarkan Bisik-bisik

Rabu, 6 Maret 2024 07:50 WIB
Saleh Partaonan Daulay, Ketua DPP PAN. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Saleh Partaonan Daulay, Ketua DPP PAN. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Sudirman Said mendengar kabar tentang skenario, hampir seluruh parpol dimasukkan ke dalam koalisi besar. Mungkin hanya satu atau dua partai yang ditinggalkan di luar Pemerintahan. Tanggapan Anda?

Sejatinya, semua saran dan kritik harus diapresiasi. Dari siapa pun itu, baik mitra maupun kompetitor. Namun, saran dan kritik itu haruslah didasarkan pada fakta. Bukan bisik-bisik.

Maksud Anda, info ini harus dibuka sejelas-jelasnya?

Baca juga : Hendri Satrio: Mudah Membentuknya, Susah Mempertahankan

Sudirman Said mengaku mendengar bisik-bisik di luar sana. Ini jadi tanda tanya. Siapa saja yang berbisik. Apakah bisikan itu punya dasar dan legitimasi. Lagian, kalau memang ada yang salah, kenapa harus berbisik-bisik.

Tidak masalah ya, ada yang menduga akan ada strategi pembentukan koalisi besar?

Sampaikan saja apa adanya. Tidak ada yang melarang setiap orang bicara kebenaran. Kalau disampaikan terbuka, akan muncul diskursus dan dialektika. Pada titik tertentu, akan ada kesimpulan dan jalan keluar.

Baca juga : Demokrat Nantang Nih Ungkapin Semua Bukti

Untuk wacana koalisi besar, apakah sudah ada perbincangan di TKN Prabowo-Gibran?

Kalau soal koalisi besar, itu juga masih wacana pihak luar. Di internal partai-partai pendukung Prabowo, belum ada pembicaraan soal itu. Semua sedang fokus mengawal perhitungan suara. Mengawal semua tahapan Pemilu agar berjalan dengan baik.

Bagi Anda, pembentukan koalisi besar ini wajar atau tidak?

Baca juga : Menteri Siti Targetkan Nol Sampah Dan Emisi

Andai ada rencana membangun koalisi besar, itu sah saja. Tidak ada undang-undang yang melarang. Bukankah Presiden Jokowi juga membangun koalisi besar, khususnya pada periode kedua. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Rabu, 06 Maret 2024 dengan judul "Koalisi Besar Jadi Omongan, Saleh Partaonan Daulay: Sebaiknya Bukan Berdasarkan Bisik-bisik"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.