Dark/Light Mode

Bursa Bakal Calon Gubernur Jakarta, Puan Dan Hasto Sebut Nama Anies

Hasbiallah Ilyas: Bangun Jakarta Harus Bareng-bareng Dong

Sabtu, 8 Juni 2024 07:50 WIB
Hasbiallah Ilyas, Ketua DPW PKB Jakarta. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Hasbiallah Ilyas, Ketua DPW PKB Jakarta. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut nama Anies Baswedan di bursa bakal calon gubernur (Bacagub) Jakarta. Pandangan Anda?

Kalau Mbak Puan atau Mas Hasto menyebut atau mendukung Mas Anies, saya kira itu bagian dari cara berpikir rasional PDIP. Artinya, PDIP melihat kenyataan pembangunan di Jakarta, butuh sosok pemimpin yang bagaimana.

Apakah ada kemungkinan PKB berkoalisi dengan PDIP di Pilgub Jakarta?

Oh iya, tentu kalau nanti PKB sudah jelas mendukung Mas Anies. Nanti kami buka dengan siapa pun itu partainya. Karena, untuk membangun Jakarta harus bareng-bareng, tidak bisa sendirian.

Baca juga : Abdul Aziz: Partai Usung Yang Elektabilitasnya Tinggi

Bagaimana Anda melihat kondisi Jakarta saat ini?

Selepas Mas Anies "tinggalkan" Jakarta, pembangunannya berhenti, berjalan di tempat. Bukan hanya pembangunan fisik, tapi pembangun sumber daya manusianya juga. Banyak keperluan mendasar masyarakat yang penganggarannya dipotong, setelah Mas Anies tidak menjabat.

Anda menilai Anies masih cocok memimpin Jakarta ya?

Realitanya seperti itu. Saya kan masih di DPRD Jakarta. Saya masih turun ke bawah. Saat reses, saya tahu apa yang dikeluhkan masyarakat secara langsung.

Baca juga : Kominfo Tangkal Serangan Siber Tiap Kali Acara Global

Seberapa besar potensi kemenangan Anies di Pilgub Jakarta?

Kami belum bicara menang atau kalah. Namun, PKB dengan Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) bakal calon kepala daerah yang digelarnya, bisa membuat masyarakat lebih sejahtera dari hari ini. Partai ini kan suara masyarakat. Menampung suara masyarakat.

Selain Anies, siapa lagi bakal calonnya?

Sudah ada tiga orang yang mendaftar ke DPW PKB. Mereka sudah mengambil formulir dan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (UKK) bakal calon kepala daerah. Tinggal kita lihat hasilnya.

Baca juga : Golkar Pede Juarai Pilkada 2024

Ada Ketua Bamus DKI Jakarta, Ketua Front Betawi Rempug (FBR), termasuk Pak Anies Baswedan sudah mengambil formulir pendaftaran. Pak Sudirman Said (mantan Wakil Ketua Tim Nasional Anies-Muhaimin) juga berkomunikasi dengan saya. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Sabtu, 8 Juni 2024 dengan judul "Bursa Bakal Calon Gubernur Jakarta, Puan Dan Hasto Sebut Nama Anies"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.