Dark/Light Mode

Gagal Ke DPR, Akankah PPP Gelar Muktamar Luar Biasa?

Fernita: Tak Bisa Ujug-ujug Muktamar Luar Biasa

Selasa, 11 Juni 2024 07:50 WIB
Fernita, Sekretaris Dewan Pakar PPP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Fernita, Sekretaris Dewan Pakar PPP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Ada beberapa kader dan senior yang meminta supaya PPP menggelar muktamar luar biasa (MLB) atau muktamar dipercepat. Tanggapan Anda?

Soal muktamar, mukernas dan rapimnas itu ada mekanisme internalnya. Tidak bisa ujug-ujug MLB. MLB bisa dilakukan jika kepemimpinan DPP PPP dalam kondisi darurat. Sekarang ini daruratnya di mana.

Lagian, persyaratan MLB harus 2/3 dari DPC maupun DPW, lalu permohonan ke DPP. Permasalahannya, DPP-nya mau nggak.

Kalau muktamar dipercepat, bagaimana?

Baca juga : Anwar Sanusi: Bukan MLB, Tapi Percepat Muktamar

Muktamar yang dipercepat juga sama, ada mekanisme dan permintaan dari bawah. Sebelum muktamar, harus ada rakernas atau rapimnas dulu. Nah, baru-baru ini DPP PPP menggelar rapimnas di Karawaci. Rapimnas merekomendasikan muktamar tetap digelar 2025, sesuai periodenya.

Muktamar digelar sesuai jadwalnya itu, sudah disetujui 34 DPW dari 38 DPW. Itu sudah kuorum. Kalau rapimnas tidak mengusulkan muktamar dipercepat, bagaimana bikin muktamar dipercepat. Prinsipnya, gagasan Muktamar dipercepat atau luar biasa itu ada mekanismenya, tidak ujug-ujug.

Tapi, kader dan para senior PPP ini kecewa pada kepemimpinan Mardiono, karena PPP tak lolos ke DPR. Respons Anda?

Ketidaklolosan PPP ke Senayan, harusnya menjadi introspeksi ke dalam. Introspeksinya, berarti kader kita belum siap dengan sistem yang brutal ini.

Baca juga : Lagi, 37 Bus Pariwisata Ditemukan Tak Laik Jalan

Saran Anda?

DPP harus membuat strategi apa yang harus dilakukan oleh PPP selanjutnya. Saat ini, bukan waktunya gontok-gontokan di dalam. Kalau di dalamnya tidak kompak, bagaimana mau membahas untuk ke depannya.

Semua kader dan pengurus harus kompak, ya...

Pada 2029, semua harus turun gunung untuk memikirkan secara bersama-sama, bagaimana PPP pada Pemilu mendatang bisa masuk Senayan lagi. Kita jangan melihat ke belakang, tapi harus melihat ke depan. REN

Baca juga : PKS Jakarta Bimbang

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Selasa, 11 Juni 2024 dengan judul "Gagal Ke DPR, Akankah PPP Gelar Muktamar Luar Biasa? Fernita: Tak Bisa Ujug-ujug Muktamar Luar Biasa"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.