Dark/Light Mode

Penyitaan HP Sekjen PDIP Oleh KPK Berbuntut Panjang

Cyril Raoul Hakim: Kami Tempuh Semua Langkah Hukum

Selasa, 18 Juni 2024 07:50 WIB
Cyril Raoul Hakim, Juru Bicara PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Cyril Raoul Hakim, Juru Bicara PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Kenapa Hasto protes?

Pemeriksaan Sekjen PDIP itu, sarat dengan kejadian-kejadian kontroversial. Selain penyitaan barang, tas, dan HP, itu dilakukan dengan cara awal yang diduga mengelabui Kusnadi, staf Sekjen PDIP.

Apa saja yang disita?

Baca juga : Alexander Marwata: Silakan Melapor Ke Mana Pun

Perlu diketahui, tas dan beberapa barang yang disita, adalah bukan milik Sekjen PDIP, melainkan milik Kusnadi berupa tas, kartu ATM yang saldonya hanya Rp 700 ribu. Padahal, Kusnadi bukan pihak yang diundang dan tidak menyandang status apa pun dalam kasus itu.

Apa lagi yang Anda dengar?

Kusnadi juga digeledah badannya, dan dihujani banyak pertanyaan dengan cara yang diduga interogatif dengan menggunakan diksi-diksi intimidatif, sekitar 3 jam.

Baca juga : Daging Kurban Sebaiknya Gunakan Wadah Alami

Menurut Anda, tindakan yang dilakukan ke Kusnadi, bagaimana?

Perlakuan terhadap Kusnadi ini, diduga sebagai pelanggaran terhadap hak asasi yang bersangkutan. Penyitaan barang (tas, HP) milik Sekjen dan apalagi Kusnadi, dilakukan tidak sesuai prosedur.

Apa langkah hukum yang akan dilakukan?

Baca juga : Prabowo Kurban 145 Ekor Sapi

Pihak Sekjen dan Kusnadi akan mengambil semua langkah yang dianggap perlu, termasuk langkah hukum untuk melawan perlakuan tidak sesuai prosedur dan hukum itu.

Penyidik KPK diduga mengesampingkan prosedur yang sesuai undang-undang, dan melanggar kaedah hak asasi manusia. Karena itu, Kusnadi didampingi penasihat hukum, melaporkan hal ini ke Komnas HAM. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Selasa, 18 Juni 2024 dengan judul "Penyitaan HP Sekjen PDIP Oleh KPK Berbuntut Panjang, Cyril Raoul Hakim: Kami Tempuh Semua Langkah Hukum"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.