Dark/Light Mode

PKS Mau Usung Sohibul Iman, Bagaimana Dengan Anies?

Arini Soemardi: Itu Langkah Untuk Naikkan Daya Tawar

Selasa, 25 Juni 2024 07:40 WIB
Arini Soemardi, Ketua Umum DPP Pejuang Anies Baswedan. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Arini Soemardi, Ketua Umum DPP Pejuang Anies Baswedan. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
PKS ingin mengusung Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta. Tanggapan Anda?

Ini langkah cerdas untuk menaikkan daya tawar PKS. Mereka juga mencoba mempopulerkan nama Sohibul Iman. Tapi, mengusung calon pemimpin daerah itu perlu elektabilitas. Pak Sohibul Iman belum memiliki itu.

PKS menilai, Sohibul mampu menaikkan suara PKS. Ada tanggapan?

Meski secara internal dianggap mampu menaikkan suara atau perolehan kursi di parlemen bagi PKS, namun pemilih di Jakarta yang berjumlah delapan juta, tidak mengetahui hal itu. Artinya, berat bagi PKS untuk mengusung Sohibul.

Baca juga : KPK Fokus Usut Kasus Dengan Kerugian Fantastis

Selain itu, watak parpol pragmatis. Artinya, akan mengusung orang yang dianggap punya popularitas dan elektabilitas. Menurut hemat kami, Pak Sohibul belum memiliki itu.

Apakah relawan Anies  kecewa dengan langkah PKS ini?

Saya tidak kecewa, karena waktu pendaftaran masih lama, 27 Agustus 2024. Masih banyak waktu bagi partai untuk melakukan bongkar pasang Cagub dan Cawagub yang paling memungkinkan.

Anda yakin, PKS akhirnya akan mengusung Anies ya?

Baca juga : Awasi Pelaksanaan PPDB

PKS belum mempunyai kemampuan untuk mengusung sendiri calonnya, karena perolehan kursinya masih kurang pada Pemilu Legislatif di Jakarta. Tentu akan ada tawar menawar, atau bongkar pasang calon dengan parpol yang lain.

Saya percaya, selama ini PKS sudah memerankan perannya dengan berkoalisi dengan rakyat, menjadi partai wong cilik yang sesungguhnya, tidak haus kekuasaan. Namun, berkoalisi dengan rakyat untuk berdiri di luar pemerintahan. Sehingga,  naik perolehan kursinya, baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi.

PKB Jakarta ingin mengusung Anies sebagai Cagub. Apakah mungkin PKB berkoalisi dengan PKS untuk mengusung Anies-Sohibul Iman?

Mungkin saja PKB dan PKS berkoalisi, karena sudah cukup kursinya untuk mendukung Anies. Saya yakin, PKB dan PKS sebagai parpol yang sama-sama konsisten berada di jalur perubahan, kembali memperjuangkan orang yang kinerjanya sudah diketahui secara nyata prorakyat oleh warga Jakarta.

Baca juga : Calon Bermasalah Mending Coret Saja!

Jika koalisi PKB-PKS terwujud, apakah relawan Anies yakin menang di Pilgub Jakarta?

Insya Allah, Pak Anies akan menang di Pilkada Jakarta. Karena, Anies nyata-nyata elektabilitasnya tertinggi sekarang. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Senin, 25 Juni 2024 dengan judul "PKS Mau Usung Sohibul Iman, Bagaimana Dengan Anies? Arini Soemardi: Itu Langkah Untuk Naikkan Daya Tawar"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.