Dark/Light Mode

Deklarasi PKS Usung Aman Dinilai Menutup Pintu Koalisi

Hidayat Nur Wahid: Kami Yakin, Anies Pilih Cawagub PKS

Kamis, 27 Juni 2024 07:40 WIB
Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Kenapa PKS berani bergegas mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman?

Ini hak konstitusi PKS. Apalagi, dengan capaian suara pemilihan legislatif di Jakarta yang 18 kursi, PKS hanya membutuhkan empat kursi lagi untuk bisa mengusung pasangan calon. Saya yakin, Mas Anies bisa melobi partai-partai agar mau menggenapkan 22 kursi.

Kemarin saja ada usulan Mas Anies dengan Kaesang Pangarep. Kenapa PKS tidak boleh mengusung pasangan Anies-Sohibul Iman.

Apakah sudah harga mati bagi PKS mengusung Sohibul Iman?

Baca juga : Argentina Lolos, Messi Cedera

Iya, ini sudah keputusan final.

Bagaimana jika bukan Sohibul Iman yang menjadi Cawagub?

Saya berbaik sangka, Pak Anies akan memilih Cawagub dari PKS. Apalagi, dengan modal suara PKS yang 18 kursi, saya yakin Pak Anies akan melobi partai-partai lain untuk mendukung dirinya. Sehingga, kursi Cawagub akan diberikan ke PKS. Apalagi, kami sudah punya rekam jejak di Pilgub Jakarta sebelumnya. Semoga kemenangan kemarin bisa terulang.

Pimpinan PKB menyindir PKS, seperti memiliki tiket emas, sehingga mengusung paslon sendiri. Padahal, harus berkoalisi. Tanggapan Anda?

Baca juga : Southgate Ditimpuk Gelas

Itu memang omongan pimpinan PKB. Namun hari sebelumnya, beliau juga mengatakan, wajar saja PKS mengusung cagub. Karena, PKS sebagai partai pemenang di Jakarta.

Ini artinya, PKB tidak menyoalkan langkah PKS mengusung Anies. Dengan omongan pimpinan PKB, asalkan Mas Anies bukan sebagai kader PKS, ini kan jalan tengah ya. PKS bisa sebagai cawagubnya.

Komunikasi dengan partai lain bagaimana?

Dengan NasDem sudah bertemu. Dengan PKB segera bertemu, karena kemarin Pak Muhaimin Iskandar sedang pergi haji. Tapi, komunikasi kami dengan dua parpol itu sangat baik. Saya yakin, PKS akan berkoalisi dengan dua partai di Pilgub Jakarta.

Baca juga : Di Era Jokowi, RI Berhasil Menekan Laju Deforestasi

Apakah PKS sudah berkomunikasi dengan Anies terkait pengusungan ini?

Anies di aplikasi X mengapresiasi dukungan PKS ini. Selepas beliau dari perjalanannya, segera bertemu dengan PKS. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Kamis, 27 Juni 2024 dengan judul "Deklarasi PKS Usung Aman Dinilai Menutup Pintu Koalisi, Kami Yakin, Anies Pilih Cawagub PKS"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.