Dark/Light Mode

Inggris Imbang Lawan Slovenia

Southgate Ditimpuk Gelas

Kamis, 27 Juni 2024 07:36 WIB
Gareth Southgate
Gareth Southgate

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel penentuan antara Timnas Inggris kontra Slovenia berakhir imbang tanpa gol. Meski demikian, keduanya lolos ke babak 16 besar Euro 2024

The Three Lions - julukan Inggris bercokol di peringkat pertama klasemen Grup C dengan lima poin, disusul Denmark yang ber­main imbang tanpa gol atas Serbia. Sedangkan Slovenia menepati posisi ketiga dengan torehan dua poin. Slovenia lolos dengan status peringkat ketiga terbaik.

Di laga tersebut, sebenarnya Inggris mendominasi jalannya pertandingan, namun buruknya penyelesaian akhir dan solidnya lini pertahanan Slovenia membuat laga akhirnya berakhir imbang tanpa gol

Namun, para penggemar Tim Tiga Singa rupanya tidak puas atas hasil imbang tersebut. Pelatih Inggris, Gareth Southgate menjadi incaran kekecewaan para pendukungnya. Ia dilempari gelas plastik meski mengantar­kan The Three Lions ke 16 besar Euro 2024.

Baca juga : Di Era Jokowi, RI Berhasil Menekan Laju Deforestasi

Menurut laporan The Independent, seruan ejekan suporter ter­dengar saat para pemain Inggris berjalan mengitari lapangan. Gareth Southgate tak lepas dari sasaran cemooh-an fans. Ia bahkan sampai dilempari gelas bir plastik saat tengah berjalan menyapa penggemar.

Walau demikian, Southgate tak terusik dengan lemparan gelas plastik dari fans. Ia tetap bertepuk tangan guna menghor­mati suporter Inggris yang telah datang ke stadion.

Pelatih berumur 53 tahun itu lalu meminta kepada penggemar agar melemparkan kritik ke­pada dirinya, bukan para pemain Inggris. “Saya memahaminya. Saya tak akan mundur, yang terpenting adalah suporter tetap bersama tim,” kata Southgate, dikutip dari The Independent.

“Saya memahami narasi yang ditujukan kepada saya dan akan lebih baik bagi tim jika kritik ditujukan kepada saya, bukan kepada mereka,” katanya.

Baca juga : Uang Hasil Korupsi Dibelikan Ikan Hias

Southgate tak menyangkal bah­wa dirinya merasa bingung den­gan respons fans kepada Timnas Inggris yang sudah berhasil me­laju ke 16 besar Euro 2024. “Saya belum pernah melihat (reaksi) serupa terhadap tim yang lolos. Saya bangga dengan cara para pemain meresponsnya,” ucap dia.

Southgate menyebut tim­nya bermain lebih berkembang meski ditahan imbang Slovenia tanpa gol. “Saya pikir ada peningkatan di mana kami berada sebelumnya. Kami cu­kup banyak mengendalikan permainan, kami memiliki lebih dari 70 persen penguasaan bola, terutama di babak kedua. Mereka (Slovenia) bertahan dari gelombang demi gelombang serangan,” kata Southgate.

Ia juga mengapresiasi kinerja lini belakang The Three Lions yang mampu memberikan pen­garuh dalam penguasaan bola. Selain itu Southgate juga menilai sejumlah pemain pengganti yang masuk seperti Cole Palmer, Trent Alexander-Arnold, Kobbie Mainoo dan Anthony Gordon memberikan dampak yang signifikan terhadap dominasi Inggris di babak kedua.

“Jelas, kami telah bertahan dengan sangat baik, yang mem­beri kami fondasi untuk mem­bangun serangan. Malam ini kami lebih baik dengan bola, dampak pergantian pemain kami sangat positif. Jadi ada tanda-tanda sisi permainan itu datang,” ujar Southgate.

Baca juga : Calon Menteri Demokrat Di Kantong SBY & AHY

Sementara itu Slovenia, mem­buat kejutan dengan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 ini. Tiket ke 16 besar didapat setelah Slovenia me­nambah poin dengan menahan imbang Inggris dalam laga tera­khir Grup C Euro 2024..

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.