Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai 29 Mei 2019, Stasiun Jakarta Kota Layani Pemberangkatan KA Jarak Jauh

Rabu, 29 Mei 2019 23:44 WIB
Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, saat grand launching Ruang Tunggu Stasiun Jakarta Kota, Rabu (26/5). (Foto: Humas KAI)
Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, saat grand launching Ruang Tunggu Stasiun Jakarta Kota, Rabu (26/5). (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa Angkutan Lebaran 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali melakukan inovasi, dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat. Khususnya, yang berada di kawasan DKI Jakarta. Pelayanan ini diwujudkan dengan difungsikannya Stasiun Jakarta Kota yang berlokasi di kawasan Kota Tua, Jakarta, sebagai stasiun keberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh, terhitung 29 Mei 2019.

Ada tiga KA Jarak Jauh yang memulai keberangkatan dari Stasiun Jakarta. Yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh. Penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket ketiga KA tersebut dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, tetap bisa naik dari Stasiun Jakarta Kota, dengan melakukan check in dan boarding di Stasiun Jakarta Kota. Pastikan terlebih dahulu jadwal keberangkatan Anda, lalu datanglah lebih awal untuk melakukan check in dan boarding, sehingga Anda dapat naik KA dengan tepat waktu. 

Baca juga : Jakarta Normal Lagi, Orang-orang Sinting Sudah Waras Juga?

Adapun detail jadwal KA Jarak Jauh di Stasiun Jakarta Kota adalah sebagai berikut:

“KAI membuka pelayanan KA Jarak Jauh di Stasiun Jakarta Kota, untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Pasar Senen,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat melakukan peresmian, Rabu (29/5). Edi menjelaskan, rata-rata penumpang per hari di Stasiun Pasar Senen berjumlah 12.000 orang. Bahkan, di musim Lebaran ini, jumlahnya meningkat menjadi 22.000 orang per hari. 

Baca juga : BNI Syariah Kembangkan LinkAja Syariah

Pemberangkatan KA Jarak Jauh dari Jakarta Kota ini, ditujukan untuk memberikan alternatif stasiun keberangkatan kepada penumpang di wilayah Ibu Kota,” ujar Edi.

Untuk menunjang pelayanan kepada penumpang, KAI telah menyiapkan berbagai fasilitas di stasiun Jakarta Kota. Antara lain, penambahan ruang tunggu penumpang KA Jarak Jauh dengan kapasitas hingga 1.000 penumpang,  penyediaan 2 loket go show, 2 loket pembatalan, Customer Service on Station, dan 2 mesin Check In Counter. Untuk pelayanan naik dan turun penumpang, KA Jarak Jauh akan menggunakan Jalur 2 dan 3 yang ada di Stasiun Jakarta Kota.

Baca juga : Libur Lebaran 2019, Lion Air Group Siapkan 20.150 Kursi Penerbangan Tambahan

Perlu diketahui, di Stasiun Jakarta Kota, KAI tidak menyediakan loket reservasi untuk pemesanan tiket. KAI hanya menyediakan loket Go Show untuk melayani pembelian tiket pada saat hari keberangkatan. Tepatnya, 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Untuk pemesanan tiket H-90, penumpang bisa melakukannya di aplikasi KAI Access, website KAI, dan channel penjualan resmi lainnya.

“Dengan penambahan layanan KA Jarak Jauh di Stasiun Jakarta Kota,  diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin bepergian dengan KA. Apalagi, stasiun ini juga sudah terintegrasi dengan moda KRL Commuterline. Selain itu, lokasi stasiun yang berada di kawasan wisata Kota Tua bisa mempermudah masyarakat, untuk langsung menuju lokasi wisata yang ada,” tutup Edi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.