Dark/Light Mode

BRI Gandeng Beemarket.id Pasarkan Produk UMKM Binaan

Senin, 13 Desember 2021 07:26 WIB
UMKM binaan BRI. (Foto: Dok. BRI)
UMKM binaan BRI. (Foto: Dok. BRI)

 Sebelumnya 
Menurutnya, hal ini merupakan strategi yang tepat bagi UMKM untuk terus melakukan ekspansi, meskipun di tengah situasi pandemi. Amam yakin, kualitas dari produk-produk lokal tak kalah dengan produk asing.

Melalui pengembangan UMKM yang dilakukan oleh BRI, diharapkan akan mendongkrak kebangkitan ekonomi. Beemarket.id yang tergolong muda ini berdiri pada Oktober 2021 dan telah menggandeng 20 mitra perusahaan pelat merah.

Kemampuan ini juga yang membuat BRI yakin untuk bermitra dengan e-commerce tersebut. Selain itu, Beemarket juga menawarkan lima kategori produk, yakni fesyen, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan dan kriya yang seluruhnya merupakan produk lokal.

Baca juga : Gandeng Chelsea Olivia, Makuku Indonesia Luncurkan Popok Formula Baru

Direktur Utama PT Market Satu Nusa Donny Maya Wardhana mengungkapkan apresiasinya terhadap kerja sama tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan oleh BRI. Ke depan, Beemarket akan bekerjasama dengan UMKM di seluruh Indonesia,” ungkap Donny.

Terpisah, Head of Partnership and Collaboration PT Market Satu Nusa Raisya Alianti optimistis, kerja sama ini mampu mengangkat penjualan UMKM lokal ke jenjang yang lebih premium.

Baca juga : Gunung Semeru Erupsi, Pertamina Pastikan Stok BBM Dan LPG Aman

Beberapa tahun belakangan ini, menurutnya, pemerintah sudah mendukung sektor UMKM. Tapi di pasar e-commerce, branding dan marketing produk UMKM Tanah Air, masih kalah bersaing dengan produk luar negeri.

“Maka, kami berinisiasi membuat platform yang khusus mengangkat dan membantu distribusi produk lokal asli Indonesia,” jelasnya.

Adapun platform fee yang ditetapkan oleh Beemarket.id, yakni flat sebesar 3 persen. Selain BRI, mitra BUMN lainya antara lain Patra Jasa, Pelindo, Pos Indonesia dan lainnya. Sementara private sector ada MNC.

Baca juga : RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

Beemarket saat ini sudah menjadi official partner Kemenparekraf. Pihaknya terintegrasi dengan program stimulus Bangga Buatan Indonesia untuk membantu UMKM dan memudahkan konsumen di Indonesia dalam membeli produk lokal, salah satunya melalui Beemarket.id.

Bagi UMKM yang ingin bergabung di Beemarket.id, harus memastikan produk yang dijual bukanlah produk asing. Pihak kurator juga mengutamakan bagi mereka yang memiliki izin legalitas usaha seperti NIB dan HAKI.

Meski demikian, tidak menutup kesempatan bagi mereka yang belum memiliki izin karena akan dibantu pengurusan legalitasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.