Dark/Light Mode

Kemenperin Dorong Sektor Ketenagalistrikan Pacu Penggunaan TKDN

Rabu, 29 Desember 2021 17:47 WIB
Diskusi virtual yang diselenggarakan Ruang Energi, Rabu (29/12). (Foto: Ist)
Diskusi virtual yang diselenggarakan Ruang Energi, Rabu (29/12). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
EVP Perencanaan dan Enjineering Konstruksi PT PLN, Anang Yahmadi menambahkan, salah satu permasalahan TKDN adalah harga produk lokal masih kurang bersaing dibandingkan produk impor.

Butuh pengembangan kualitas, agar mampu bersaing dengan produk impor. Untuk itu, butuh sinergitas antar kementerian, lembaga dan berbagai pihak lainnya.

Baca juga : Menperin: Sektor Industri Masih Jadi Penopang Utama Ekonomi

'PLN selalu menggunakan TKDN sebagai key indicator sehingga dapat meningkatkan produk jasa dalam negeri dan tenaga kerja lokal," bebernya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyebut, TKDN berdampak pada kemandirian energi. Dengan begitu, negara kita, tidak perlu mengandalkan barang impor.

Baca juga : Kasus Corona Australia Meningkat, Pusat Pengujian Kolaps

"Hampir semua negara memberlakukan TKDN untuk melindungi industri dalam negeri sekaligus mewujudkan kemandirian energi," ujar Mamit. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.