Dark/Light Mode

LPEI : Optimalisasi PMN Tingkatkan Perekonomian Nasional Melalui Ekspor

Kamis, 6 Januari 2022 20:35 WIB
Penandatanganan Pernyataan Komitmen Penerima Investasi Pemerintah, di Jakarta, Kamis (6/1). (Foto: Dok. LPEI)
Penandatanganan Pernyataan Komitmen Penerima Investasi Pemerintah, di Jakarta, Kamis (6/1). (Foto: Dok. LPEI)

 Sebelumnya 
"LPEI telah menghasilkan kontribusi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) untuk negara dengan total sebesar Rp 1,4 triliun, keseluruhannya pada periode 2010 hingga 2021,” sebutnya.

Selain itu, atas pembiayaan yang yang disalurkan pada 2021, LPEI memiliki development impact seperti peningkatan investasi 2,5 kali atau Rp 212 triliun, peningkatan PB sebesar 2,5 kali atau senilai Rp 211 triliun, peningkatan ekspor hingga 3,6 kali atau senilai Rp 302 triliun, dan penyerapan tenaga kerja mencapai 51 orang per Rp 1 miliar pembiayaan yang disalurkan LPEI.

Baca juga : PIS Kantongi 5 Kontrak Perjanjian Sewa Kapal Senilai Rp 45,6 T

Rijani menegaskan, dengan berbagai pencapaian tersebut, LPEI akan terus mengoptimalkan PMN yang diterima untuk meningkatkan perekonomian negara melalui ekspor.

Pada 2022, LPEI akan kembali menyalurkan PMN sebesar Rp 5 Triliun kepada segmen UKM secara komersial dan Penugasan Khusus.

Baca juga : KSP: Data Tunggal Koperasi UMKM Ciptakan Peluang Pasar Bisnis

“Kami akan secara maksimal menyalurkan PMN baik yang sifatnya komersial maupun Penugasan Khusus seperti PKE Kawasan, UKM, Trade Finance, alat Transportasi," imbuhnya.

Sementara dari Jasa Konsultasi, LPEI akan menargetkan program kolaborasi rumah ekspor di 4 wilayah, yaitu Solo, Jakarta, Makassar dan Surabaya, 100 eksportir baru UKM dan 10 Program Klaster Desa Devisa baru.

Baca juga : PII Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat Penjaminan Infrastruktur

"Tercapainya seluruh target ini tentu akan membutuhkan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam eksosistem ekspor,” ujar Rijani. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.