Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ISEI Optimis, Ekonomi Tahun Depan Membaik

Jumat, 24 Desember 2021 13:17 WIB
Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI Perry Warjiyo (Foto: Instagram)
Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI Perry Warjiyo (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) optimis, perekonomian Indonesia akan pulih dan semakin membaik.

Tahun depan, perekonomian Indonesia diramal mampu mencapai 4,7-5,5 persen. Naik dibanding tahun 2021, yang hanya 3,2-4,0 persen.

Kenaikan ini, terutama didukung oleh konsumsi swasta yang meningkat dan kinerja ekspor, serta belanja fiskal pemerintah yang tetap terjaga. Sejalan dengan mobilitas yang terus meningkat, pembukaan sektor ekonomi yang luas, dan stimulus kebijakan yang berlanjut.

Baca juga : Faik Optimis Kondisi AP I Tahun Depan Membaik

Optimisme tersebut mengemuka dalam Webinar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) bertema Outlook Perekonomian Jakarta 2022: Herd Immunity dan Pemulihan Ekonomi, pada Jumat (24/12).

Dalam kesempatan tersebut,  Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI Perry Warjiyo menyampaikan tiga pesan utama.

Pertama, kita harus optimis bahwa pemulihan ekonomi di tahun 2022 akan semakin membaik. Baik di tingkat nasional maupun di DKI Jakarta.

Baca juga : Survei BI: Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi Menguat

Kedua, terus memperkuat sinergi, memperkuat peran ISEI untuk membangun sinergi yang kuat antara berbagai pihak baik akademisi, pebisnis, dan pemerintah dalam mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru, mendorong digitalisasi, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau.

Ketiga, terus membangun landasan bagi perekonomian Indonesia menuju Indonesia maju, dengan ciri-ciri pemanfaatan teknologi digital, inklusif, dan hijau.

“Penyelenggaran kegiatan webinar ini diharapkan dapat membangun optimisme untuk tahun 2022 yang lebih baik. Khususnya, untuk terus mendorong perekonomian Jakarta sebagai pusat episentrum yang turut mendorong perekonomian nasional. Serta sebagai wujud nyata komitmen ISEI, baik pusat maupun seluruh cabang untuk terus bersinergi membangun negeri,” papar Perry.

Baca juga : Survei IPO: Di Bidang Ekonomi, Kinerja Kementerian BUMN Terbaik

Acara yang dimoderatori Kepala Humas Perpajakan Ditjen Pajak Ani Natalia ini menghadirkan narasumber Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta Mochammad Abbas, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko, dan Chief Economist Bank BTN Winang Budoyo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.