Dark/Light Mode

AP l Buka Lagi Terminal A Bandara Adisutjipto

Rabu, 2 Februari 2022 16:38 WIB
Pemeriksaan suhu di bandara. (Foto: Ist)
Pemeriksaan suhu di bandara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Adisutjipto Yogyakarta kembali mengoperasikan Terminal A sebagai terminal keberangkatan penumpang per Selasa (1/2) kemarin.

Sebelumnya, operasional keberangkatan penumpang hanya melalui Terminal B sejak awal tahun 2020. Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, jika sebelumnya keberangkatan penumpang adalah melalui Terminal B, kini kembali terpusat melalui Terminal A.

Baca juga : Risma Nggak Kepedean

"Terminal B ke depannya akan dinonaktifkan untuk kegiatan operasional pelayanan penumpang," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (2/2).

Faik menjelaskan, difungsikannya kembali Terminal A sebagai terminal keberangkatan penumpang ini di barengi dengan optimalisasi layanan kepada pengguna jasa bandara, serta penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga : Bersuara Terlalu Keras, Dosen Dipecat

Secara luasan area, Terminal A memiliki luas hingga 9.899 meter persegi, berbanding dengan luasan Terminal B yang hanya mencapai 6.162 meter persegi.

Kapasitas boarding area juga lebih luas, Terminal A bisa mengakomodasi tren pertumbuhan penumpang. Selain itu, Terminal A dilengkapi dengan 8 parking stand pesawat yang memudahkan pengoperasian sisi udara, serta parkir kendaraan yang luas.

Baca juga : Pasukan Rusia Bersiap Tinggalkan Kazakhstan

"Dengan kapasitas terminal yang lebih besar, maka level pelayanan penumpang dan implementasi protokol kesehatan dapat semakin optimal," jelas Faik.

Sebelumnya, Terminal A Bandara Adisutjipto dinonaktifkan sejak awal 2020. Kemudian dimanfaatkan sebagai area pemasaran produk UMKM dan industri kreatif di Yogyakarta dalam bentuk TILAS (Titik Lawas Adisutjipto) sejak 29 Mei 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.