Dark/Light Mode

Tahun Ini, PNM Patok 100 Kampung Madani

Sabtu, 5 Februari 2022 10:58 WIB
Foto: Dok. PNM
Foto: Dok. PNM

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan adanya 100 Kampung Madani terbentuk pada tahun 2022 di seluruh Indonesia, termasuk di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kabupaten Maros.

Kampung Madani merupakan program untuk desa agar mendorong potensi lokal biar dikenal oleh khalayak dan mandiri. Sudah ada 6 desa yang terbentuk dalam program kampung Madani. Mulai dari Desa Sade NTB, Desa Nisombalia Sulawesi Selatan, Desa Salawu Jawa Barat, Desa Morodemak Jawa Tengah, dan Desa Puungoni Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Pamor KPK Melambung Tinggi

PNM sudah meresmikan pemberian akses air bersih, program Ruang Pintar dan pelatihan klasterisasi sektoral olahan hasil laut bagi nasabah PNM di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kabupaten Maros pada Selasa, 21 September 2021, yang nantinya akan dikembangkan menjadi Kampung Madani.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki mengatakan, penyediaan air bersih, pembangunan Ruang Pintar dan pelatihan klasterisasi sektoral olahan hasil laut ini, adalah salah satu wujud peduli dan bentuk dukungan PNM dalam pemberdayaan masyarakat pesisir.

Baca juga : Divonis 1 Tahun Penjara, Nia Ramadhani Mewek

Pengadaan akses sumber air bersih ini tentunya diharapkan membantu kebutuhan air bersih bagi warga Desa Nisombalia, yang selama ini kesulitan mendapatkan akses sumber air bersih.

"Saya percaya, ketika akses air bersih didapat, warga dapat hidup lebih sehat, kesejahteraan keluarga lebih terjamin dan mampu berkarya lebih baik untuk memajukan kelompoknya” ujar Sunar dalam keterangan resminya, Sabtu (5/1).

Baca juga : PT ASDP Bakal Akuisisi Operator Kapal Swasta

Secara berkelanjutan, PNM membuka Ruang Pintar melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Ruang Pintar di Desa Nisombalia dibuka untuk memfasilitasi anak-anak dari nasabah PNM Mekaar dan masyarakat sekitar untuk belajar atau kegiatan lainnya secara daring.

Melalui Ruang Pintar yang disediakan selama 1 tahun untuk anak-anak dari nasabah PNM Mekaar dan masyarakat sekitar, PNM berharap ikut berkontribusi dalam mencerdaskan masyarakat prasejahtera yang kesulitan untuk belajar online, khususnya di Dusun Kuri Caddi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.