Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hotel Penuh

Pengusaha Ketiban Rezeki Nomplok

Minggu, 13 Februari 2022 07:18 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengakui, pengusaha hotel kebanjiran pesanan menjelang event MotoGP yang akan berlangsung 18-20 Maret di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Semua full. Bahkan, sampai ke homestay milik warga pun nggak mampu nampung karena antusiasnya begitu tinggi,” kata Hariyadi kepada Rakyat Merdeka, Jumat (11/2).

Hariyadi memastikan event MotoGP membawa keberkahan. Ajang balap motor jet paling dahsyat di muka bumi itu, mampu menyedot perhatian yang sangat luar biasa di tengah pandemi.

Baca juga : Erick: Indonesia Perlu 17,5 Juta Tenaga Kerja Melek Teknologi

Bos Sahid Group ini melihat, bukan hanya Lombok yang ketiban rezeki nomplok, tapi juga daerah sekitarnya seperti Bali.

“Kami mengejar kebutuhan akomodasi 70 ribu penonton, ini juga berdampak positif untuk ekonomi di Bali dan NTB,” katanya.

Soal kualitas hotel di Bali, sambung Hariyadi, juga tidak usah diragukan. Apalagi kapasitasnya juga cukup besar. Jarak dari Bali ke Lombok pun hanya dengan kapal fery bisa ditempuh.

Baca juga : Kementan Pertegas Langkah Strategis Penguatan Kesehatan Hewan Nasional

Hariyadi berharap, event internasional ini bisa menjadi momentum agar industri perhotelan kembali bangkit. Bukan hanya perhotelan, MotoGP dianggap mampu memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia.

Namun, Hariyadi berharap, pasca event MotoGP, ada konsistensi kegiatan atau event lainnya.

“Jangan sampai setelah balapan ini, Mandalika kosong, nggak ada event lain. Itu yang kita takutkan, karena kalau mau bangkit kegiatan harus terus ada,” ucapnya.

Baca juga : OTT Walkot Pepen Pengaruhi Peta Politik Di Bekasi

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Mandalika Ari Prasetyo mengatakan, potensi perputaran uang dengan adanya MotoGP bisa mencapai Rp 500 milliar.

Perputaran uang sebesar itu, kata Ari, dianalisa mulai dari pengunjung datang sampai pulang.

“Dikalkulasi mulai dari pengunjung datang ke sini menggunakan pesawat, menginap di hotel, membeli tiket nonton, lalu membeli makanan dan souvenir, serta lainnya,” jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.