Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HID Global Prediksi Industri Pengelolaan Identitas Tanpa Sentuh Bakal Booming

Rabu, 23 Februari 2022 18:18 WIB
Commercial Director Physical Access Control Solutions, Asean HID Global Alex Tan. (Foto: Ist)
Commercial Director Physical Access Control Solutions, Asean HID Global Alex Tan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - HID Global perusahaan penyedia solusi keamanan identitas memprediksi, tren tahun ini, akan semakin banyak yang menggunakan perangkat pengenal identitas selular tanpa sentuh.

Commercial Director Physical Access Control Solutions, Asean HID Global Alex Tan mengatakan, pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini semakin menegaskan cara baru bagaimana seseorang berinteraksi dengan sebuah objek barang atau pun dengan sesama orang lain.

"Saat ini semakin banyak permintaan akan solusi tanpa sentuh, cara berinteraksi yang telah diterima sebagai kebiasaan yang baru karena cara ini akan mengurangi risiko penyebaran virus lewat sentuhan antar manusia dan barang serta meminimalisir potensi kontaminasi silang," katanya, dalam diskusi virtual, Rabu (23/2).

Baca juga : Kembangkan Energi Bersih, Industri Terkendala Investasi

Menurutnya, solusi tanpa sentuh untuk akses selular juga dinilai lebih berkelanjutan secara jangka panjang. Sebab, hal itu dapat menghemat biaya pembuatan kartu akses secara fisik sekaligus mengurangi limbah sehingga otomatis lebih aman untuk lingkungan.

Alex menilai, akses selular dan penggunaan aplikasi selular kini menjadi tren utama yang membentuk industri pengelolaan akses saat ini dan masa depan. Solusi pengelolaan akses selular menyediakan pengalaman berinteraksi tanpa sentuh bagi para pengguna.

"Selain itu, akses selular memungkinkan administrator/pengatur keamanan untuk memberikan atau mencabut akses kredensial dengan mudah, sehingga tak perlu berinteraksi secara langsung di tempat kerja," tuturnya.

Baca juga : Tersangka Tuntut KPK Buka Blokir Rekening Rp 139 Miliar

Berdasarkan laporan Digital 2021, dari Hootsuite, WeAreSocial, Indonesia memiliki 345.3 juta koneksi selular, dengan 202.6 juta pengguna internet. Lebih dari 90 persen responden yang disurvei dalam laporan mengatakan memiliki perangkat smartphone.

Artinya, solusi tanpa sentuh berarti memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia berkat tingginya tingkat penetrasi internet dan teknologi seluler.

Selain solusi tanpa sentuh, lanjut Alex, HID Global melihat perlindungan data merupakan faktor penting lain yang mendorong pertumbuhan industri pengelolaan akses seluler. Mengingat, data pribadi dan identitas pengguna tersimpan pada telepon selular mereka masing-masing.

Baca juga : Diyakini Cepat Pulih, Ini 7 Pemain Timnas Yang Kepatil Covid

"Semakin banyak perusahaan maupun organisasi yang mulai mengintegrasikan penggunaan telepon seluler ke dalam sistem pengendalian akses internal mereka. Sistem tersebut mempunyai keunggulan, karena memberi jaminan keamanan data pribadi," jelas Alex.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.