Dark/Light Mode

Demi Kelancaran MotoGP

Angkasa Pura I Matangkan Rencana Operasional Dan Mitigasi Risiko

Minggu, 13 Maret 2022 20:13 WIB
Demi Kelancaran MotoGP Angkasa Pura I Matangkan Rencana Operasional Dan Mitigasi Risiko

 Sebelumnya 
Adapun konsep mitigasi tersebut adalah "One Day Trip” dalam Triangle Area Bandara Internasional Lombok - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali - Bandara Juanda Surabaya, yang mencakup berbagai upaya mitigasi. Seperti Seamless operating hours yang beroperasi 24 jam di waktu pelaksanaan event.

Selain itu juga akan dilakukan reposisi parkir pesawat apabila terjadi over capacity pada konfigurasi parkir pesawat di apron Bandara Internasional Lombok.

Kapasitas apron yang tersedia di Bandara Internasional Lombok dapat menampung hingga 24 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Baca juga : Kepala BNPT: Penceramah Perlu Gelorakan Semangat Nasionalisme Dan Patriotisme

Sedangkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dapat menampung 31 pesawat dengan konfigurasi 20 pesawat small body, 18 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body dan Bandara Juanda Surabaya dapat menampung 27 pesawat dengan konfigurasi 16 pesawat small body, 8 pesawat narrow body dan 3 pesawat wide body.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali & Bandara Juanda Surabaya juga akan berfungsi sebagai alternate aerodrome jika Bandara Internasional Lombok tidak beroperasi akibat cuaca buruk atau hal-hal yang berpotensi menghalangi landas pacu.

Angkasa Pura I akan berkoordinasi dengan pihak maskapai jika dibutuhkan penambahan jumlah pesawat, fleet management, rotasi pesawat, kesiapan operator ground handling yang melayani rute-rute triangle tersebut.

Baca juga : Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Kelistrikan Di Mandalika

Angkasa Pura I bersama dengan Kementerian Perhubungan juga menyediakan fasilitas shuttle bus gratis di Bandara Internasional Lombok.

Sebanyak 31 bus dengan total kapasitas 925 seat disiapkan untuk mendukung mobilitas pengguna jasa yang ingin menyaksikan MotoGP 2022 di Mandalika.

“Melalui berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan dan kelancaran perhelatan event internasional MotoGP 2022. Serta mendukung keamanan, keselamatan, kenyamanan dan kesehatan bagi seluruh pengguna jasa yang akan datang ke Lombok,” tambah Faik Fahmi. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.