Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BNPT: Penceramah Perlu Gelorakan Semangat Nasionalisme Dan Patriotisme

Sabtu, 12 Maret 2022 09:11 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Ist)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar menyatakan, penceramah perlu menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme. Dengan demikian keutuhan NKRI tetap terjaga, sehingga umat bisa menjalankan ibadahnya dengan khusuk dan tenang sebagai kewajiban pada Allah SWT.

"Jadi di samping membangun akhlak dan ketaqwaan umat kita terhadap Allah SWT, kita juga tidak boleh meninggalkan semangat nasionalisme dan patriotisme," ujar Boy Rafli Amar, Jumat (11/3).

Baca juga : Basarah Minta Kepala Daerah Proaktif Cegah Radikalisme

Dengan mengedepankan semangat nasionalisme dan patriotisme, NKRI akan tetap utuh dan aman sebagai tempat bagi warga negaranya untuk menjalankan aktivitas kehidupan. Termasuk, ibadah.

Boy menegaskan, semangat nasionalisme dan patriotisme akan menumbuhkan ukhuwah atau persaudaraan dalam mewujudkan tujuan negara.

Baca juga : Ibas Serukan Semangat Soliditas Dan Kemandirian FKPPI

"Tujuan negara adalah melindungi segenap tumpah darah dan bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan turut serta mewujudkan perdamaian dunia," ingat mantan Kadiv Humas Polri ini.

Boy mencontohkan, semangat patriotisme dan nasionalisme telah diwariskan oulama besar Indonesia, seperti KH Hasyim Asyari, sejak lahirnya NKRI. Dengan semangat itu, NKRI kokoh berdiri dalam menghadapi berbagai tantangan zaman.

Baca juga : Khofifah: Mbak Puan Suntik Semangat Warga Jatim

"KH Hasyim Asyari menggelorakan prinsip hubbul wathon minal iman, bahwa cinta Tanah Air adalah sebagian dari iman. Ini yang perlu terus dipelihara dan dikembangkan," tutur Boy.

Dia juga menekankan perlunya semangat rahmatan lil alamin, lebih diangkat ke permukaan. "Bahwa Islam adalah rahmat bagi alam. Dengan keberadaan Islam akan memunculkan kedamaian bagi alam seisinya," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.