Dark/Light Mode

Dua Pelaku Industri Kelapa Sawit Gelar Lokakarya Sustainability Bagi Pemasok Di Aceh

Jumat, 8 April 2022 13:27 WIB
Musim Mas Group dan Sinar Mas Agribusiness and Food bersama-sama menyelenggarakan lokakarya dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) kedua bagi para pemasok di Langsa dan Kuala Simpang, Aceh, pekan lalu. (Foto Ist)
Musim Mas Group dan Sinar Mas Agribusiness and Food bersama-sama menyelenggarakan lokakarya dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) kedua bagi para pemasok di Langsa dan Kuala Simpang, Aceh, pekan lalu. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua pelaku industri kelapa sawit terdepan yaitu Musim Mas Group dan Sinar Mas Agribusiness and Food bersama-sama menyelenggarakan lokakarya dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) kedua bagi para pemasok di Langsa dan Kuala Simpang, Aceh, pekan lalu.

Lokakarya tersebut menekankan pentingnya kepatuhan para pemasok terhadap kebijakan keberlanjutan (sustainability). Lokakarya kolaboratif kedua ini diadakan selama dua hari dan diikuti 55 peserta. Terdiri dari perwakilan pabrik pemasok, pedagang dan petani setempat, pejabat pemerintah, serta organisasi masyarakat sipil (Ormas).

Baca juga : Sambut Idul Fitri 2022, Sahabat Ganjar Sediakan Fasilitas Mudik Gratis Bagi Perantau

Lokakarya kolaboratif kali ini membahas tiga topik utama. Pertama, pemenuhan terhadap Nihil Deforestasi, Nihil Gambut, dan Nihil Eksploitasi (No Deforestation, No Peat, and No Exploitation atau NDPE). Dua, sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Tiga, kemamputelusuran hingga ke kebun (Traceability to the Plantation/TTP).

Melalui sesi-sesi tersebut, peserta memperoleh wawasan tentang pentingnya kepatuhan NDPE dan sertifikasi ISPO untuk keberlanjutan bisnis secara jangka panjang.

Baca juga : Perkuat Kemajuan Industri Keuangan, APEI Dan Ajaib Gelar Turnamen Golf

Dampak kepatuhan NDPE terhadap penerimaan produk minyak kelapa sawit Indonesia di pasar global juga dibahas dalam lokakarya tersebut. Begitu juga pentingnya transparansi dan komunikasi yang baik terkait kepatuhan NDPE.

Sesi pertama berisi pengenalan Kebijakan NDPE sebagai landasan sertifikasi ISPO, dan bagaimana NDPE menjadi persyaratan global. Sesi ini juga membahas sistem pemantauan deforestasi dan pengelolaan keluhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.