Dark/Light Mode

Dua Pelaku Industri Kelapa Sawit Gelar Lokakarya Sustainability Bagi Pemasok Di Aceh

Jumat, 8 April 2022 13:27 WIB
Musim Mas Group dan Sinar Mas Agribusiness and Food bersama-sama menyelenggarakan lokakarya dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) kedua bagi para pemasok di Langsa dan Kuala Simpang, Aceh, pekan lalu. (Foto Ist)
Musim Mas Group dan Sinar Mas Agribusiness and Food bersama-sama menyelenggarakan lokakarya dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) kedua bagi para pemasok di Langsa dan Kuala Simpang, Aceh, pekan lalu. (Foto Ist)

 Sebelumnya 
Sesi kedua adalah pengenalan pemasok terhadap sistem sertifikasi ISPO serta manfaatnya bagi perusahaan dan petani kecil. Sesi ini juga membahas korelasi antara capaian sertifikasi ISPO dan kepatuhan terhadap Kebijakan NDPE yang menjadi kunci meningkatkan akses ke pasar global.

Sesi terakhir menekankan pentingnya kemamputelusuran hingga ke perkebunan untuk memastikan kepatuhan NDPE sehingga proses identifikasi asal usul buah dapat dilakukan dengan tepat. Sesi ini juga menjelaskan pemantauan deforestasi menggunakan sistem pemantauan satelit. Pemasok didorong menggunakan platform yang dapat diakses publik secara mandiri.

Baca juga : Sambut Idul Fitri 2022, Sahabat Ganjar Sediakan Fasilitas Mudik Gratis Bagi Perantau

Di akhir lokakarya, Musim Mas dan Sinar Mas Agribusiness and Food mencoba memahami persepsi dan tingkat komitmen pemasok di Aceh terhadap Kebijakan NDPE, serta rencana mereka menuju sertifikasi ISPO.

Antusiasme yang ditunjukkan para peserta mencerminkan betapa pentingnya lokakarya di area rantai pasok. Lokakarya adalah elemen kunci “Strategi Aceh” untuk berkontribusi pada produksi pertanian berkelanjutan.

Baca juga : Perkuat Kemajuan Industri Keuangan, APEI Dan Ajaib Gelar Turnamen Golf

"Kami senang dapat bekerja sama kembali dengan Sinar Mas Agribusiness and Food di lanskap penting yaitu Aceh. Kami percaya perusahaan minyak kelapa sawit harus berkolaborasi untuk rantai pasokan yang bebas deforestasi dan eksploitasi,” ucap Direktur Keberlanjutan (Director of Sustainable Supply Chain) Musim Mas, Olivier Tichit.

Head of Traceable and Transparent Production Sinar Mas Agribusiness and Food, Wahyu W Wijayanti mengatakan, lokakarya bersama Musim Mas ini merupakan komitmen kami untuk mendorong terwujudnya transformasi industri kelapa sawit berkelanjutan.

Baca juga : Ditjenbun Minta Pengusaha Sawit Penuhi Pasokan Migor

"Harapan kami, kegiatan ini dapat membuka peluang bagi program-program lain untuk dilakukan dalam mendukung rantai pasok kami dengan menerapkan Good Agronomy Practice (GAP), Best Management Practice, dan memperoleh sertifikasi baik bagi perusahaan maupun petani kecil,” tandasya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.