Dark/Light Mode

​Atsiri Di Sarinah, Destinasi Baru Aromatic Wellness Di Ibu Kota

Jumat, 3 Juni 2022 13:29 WIB
(Dari kiri ke kanan) Healthy Lifestyle Enthusiast and Public Figure Andien Aisyah, Founder Rumah Atsiri Indonesia Natasha Clairine, Menkop UKM  Teten Masduki, Komisaris PT Sarinah Leonard Theosabrata, Mindfulness and Well Being Coach Raden Prisya, dalam acara pembukaan Atsiri di Sarinah, Jakarta. (Foto: Istimewa)
(Dari kiri ke kanan) Healthy Lifestyle Enthusiast and Public Figure Andien Aisyah, Founder Rumah Atsiri Indonesia Natasha Clairine, Menkop UKM Teten Masduki, Komisaris PT Sarinah Leonard Theosabrata, Mindfulness and Well Being Coach Raden Prisya, dalam acara pembukaan Atsiri di Sarinah, Jakarta. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Cita-cita besar mendorong ekonomi melalui pertanian dan perindustrian tanaman atsiri mekar dan tumbuh sejak saat itu. Pabrik Citronella kini bertransformasi menjadi Rumah Atsiri, sebuah destinasi aromatic wellness berkelas dunia yang mulai membuka pintu bagi pengunjung sejak tahun 2018.

Rumah Atsiri menjadi tempat bernaungnya berbagai kegiatan terkait minyak atsiri dan wellness yang senantiasa berusaha mengembangkan produk turunan dan menyediakan fasilitas keramahtamahan untuk menunjang harmonisasi tubuh, jiwa, dan spiritual melalui pengalaman aromatic sensory.

Founder Rumah Atsiri Indonesia Natasha Clairine menjelaskan Atsiri di Sarinah memiliki luas 300meter persegi merupakan miniatur Rumah Atsiri dengan konsep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar lebih muda,

“Dengan konsep aromatic wellness playground, kami mencoba mengedukasi masyarakat muda tentang kekayaan minyak atsiri nusantara dengan pendekatan yang playful (menyenangkan) dan eksperimental,” ungkapnya.

Baca juga : Ikapakarti: Siapkan SDM & Destinasi Wisata Potensial Di IKN

Menyasar generasi muda ibu kota, Sarinah dengan wajah baru menjadi pilihan lokasi yang tepat. Mengusung konsep Panggung Karya Indonesia, Sarinah juga memiliki latar belakang historis yang panjang dalam memperkenalkan produk-produk lokal ke pasar global.

"Sarinah yang telah bertransformasi, salah satu pilar utamanya adalah menyediakan wadah kreasi brand lokal keren termasuk produk gaya hidup dan wellness, terutama yang konten lokal kreasinya khas bahan-bahan nusantara," ujar Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati dalam keterangannya, Kamis (2/6).

Atsiri adalah salah satu brand lokal unggul yang cocok dengan portfolio tenant Sarinah, apalagi brand ini telah berkualitas global dan bisa menjadi salah satu primadona wellness brand global.

"Kami bangga dapat bermitra dengan Atsiri dan berharap usaha ini berlanjut, kolaboratif, dan berkembang secara global,” ujar Fetty.

Baca juga : Kasus Hepatitis Anak Meningkat Di Ibu Kota

Gaya hidup lebih seimbang dan mindful kini memang semakin dipilih masyarakat urban. Raden Prisya, seorang Mindfullness & Well Being Coach menjelaskan, “Living in the moment atau mindful living adalah kita memiliki kesadaran penuh akan semua tindakan, pilihan, situasi, kondisi yang ada di sekeliling kita, sehingga hidup lebih terarah dan terbebas dari pikiran negatif.

Ada empat langkah yang bisa kita lakukan untuk menjalani mindful living, yaitu: mengelola perhatian, menerima kondisi apa adanya, hadir atau present di saat ini, dan membiasakan meditasi.

Untuk membantu kita mewujudkan keempat hal ini, kita bisa mengurangi distraksi dan membantu tetap fokus dengan menggunakan minyak atsiri yang memiliki kekuatan aromatic sensory,” tambahnya.

Meski memiliki konsep berbeda dengan Rumah Atsiri, pengunjung Atsiri di Sarinah tetap dapat menjelajahi tiga pengalaman sekaligus. Pertama yakni mini museum aromaterapi yang interaktif. Di dalamnya ada ruangan aura yang membuat pengunjung dapat ‘melihat’ aroma dari tanaman-tanaman atsiri.

Baca juga : Antisipasi Kemarau, Kementan Percepat Fasilitasi Bantuan Pompanisasi Dan Pipanisasi Di Jawa Tengah

Kedua, pengalaman bersantap dengan set menu yang sudah disesuaikan wellness plate ratio di restoran Atsiri Eat. Ketiga, kesempatan berbelanja produk minyak atsiri di Atsiri Shop. Bahkan pengunjung bisa membuat sendiri racikan produk sesuai dengan kepribadian dari preferensi diri sendiri.

Andien Aisyah sebagai Healthy Lifestyle Enthusiast & Public Figure Andien Aisyah membagikan respons positif dengan hadirnya Atsiri di Sarinah.

“Saya sangat senang Atsiri diSarinah akhirnya resmi dibuka karena lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal saya. Ini akan jadi pilihan terbaik bagi saya untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. My perfect sanctuary," tegas Andien. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.