Dark/Light Mode

Laba Meningkat Tajam

Erick: Bersih-bersih Di BUMN Jalan Terus

Selasa, 7 Juni 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: ANTARA).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Ia membeberkan, salah satu program utamanya yakni perbaikan tata kelola perusahaan yang telah ditunjukkan dengan peningkatan skor implementasi Good Corporate Governance (GCG), perolehan sertifikasi ISO 37001 tentang anti penyuapan, implementasi Whistle Blowing System, implementasi IT (Informasi Teknologi), pada pelaporan keuangan dan proses bisnis lainnya, dan internalisasi budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) BUMN. Selain itu, manajemen fokus menyelesaikan restrukturisasi keuangan di jalur Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

“Dan mengembalikan kondisi keuangan Waskita Beton menjadi lebih sehat,” pungkas Fandy.

Prinsip GCG

Baca juga : Erick Dan Zulhas Selaras, Bersih-bersih BUMN Harus Ditegakkan

Sebelumnya, Corporate Secretary Waskita Karya Novianto Ari Nugroho menyatakan, sehubungan dengan hal tersebut, Waskita sebagai induk usaha, senantiasa menghormati proses hukum yang berlaku.

“Kami bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung kelancaran proses penyidikan dari kasus tersebut. Waskita Karya dan seluruh anak usaha senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip GCG,” yakinnya kepada Rakyat Merdeka.

Terpisah, Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengapresiasi Menteri BUMN Erick, yang terus berkolaborasi dengan Kejagung memberantas dugaan penyelewengan atau korupsi di tubuh BUMN.

Baca juga : Pelajar Pake Kode COD Untuk Janjian Tawuran

“Upaya keduanya, merupakan sinergi baik antara eksekutif dan yudikatif. Komitmen bersih-bersih BUMN benar dilakukan. Diharapkan keterbukaan dan transparansi BUMN ini ke depannya terus terjadi,” kata Toto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Toto, sebagai perusahaan Tbk, perseroan dituntut meningkatkan GCG. BUMN Tbk harus mengedepankan aspek kepatuhan (compliance) dan keterbukaan atau transparansi. Dengan model ini, maka peluang intervensi dari pihak manapun kepada BUMN Tbk bisa diminimalisir.

“Masalahnya makin sedikit saja BUMN yang masuk ke pasar modal, kecuali anak perusahaan BUMN,” ucap Toto.

Baca juga : Kembangkan Panas Bumi, BUMN Punya Peran Strategis

Toto mengapresiasi, penegakan hukum (law enforcement) yang saat ini gencar dilaksanakan Kementerian BUMN.

“Ini bisa menjadi shock therapy bagi pengelola BUMN, bahwa risiko penyalahgunaan kekuasaan bisa berdampak buruk,” imbaunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.