Dark/Light Mode

Pemerintah Kerek TKDN

Pertamina Sudah Pakai 60 Persen Produk Lokal

Kamis, 16 Juni 2022 07:30 WIB
PT Pertamina (Persero). (Foto: Dok. Pertamina).
PT Pertamina (Persero). (Foto: Dok. Pertamina).

 Sebelumnya 
Pertamina juga telah membuat Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), yang salah satu fokusnya mengenai peta implementasi TKDN.

Heppy menyebut contoh penerapan TKDN dalam proyek strategis nasional. Yakni pengadaan pipa untuk Proyek EPC (Engineering Procurement Construction) Lawe-Lawe di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), telah menggunakan produk dalam negeri.

Baca juga : Kemiskinan Ekstrem Seperti Kerak Nasi, Susah Dikerok...

Proyek yang dijalankan Subholding Refinery & Petrochemical-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) ini, menggunakan pipa transfer 20 inch dan 52 inch onshore. Serta offshore buatan dalam negeri.

KPI juga melakukan pendampingan sejak awal kepada pabrikan pipa lokal. Mulai dari pembuatan material plat sampai pembuatan pipa tersebut. Sehingga, produk pipa yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang disyaratkan dalam proyek.

Baca juga : Perkuat Penyehatan Kinerja, Garuda Kantongi Persetujuan Restrukturisasi KIK-EBA

Implementasi TKDN juga dijalankan di PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dalam produksi pipa konduktor 20 inch.

PT PHM melakukan pembinaan kepada pabrikan-pabrikan dalam negeri. Sehingga memenuhi spesifikasi yang disyaratkan dalam proyek.

Baca juga : Persib Vs Bali United, David da Silva Dekati 100 Persen

Dari pembinaan yang telah dilakukan, pipa produksi dari dua pabrikan dalam negeri telah lolos field trial test dan dapat digunakan sebagai substitusi produk impor. Otomatis ini meningkatkan capaian TKDN Pertamina secara keseluruhan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.