Dark/Light Mode

Top, Realisasi TKDN Pertamina Hulu Indonesia Jauh Melebihi Target Pemerintah

Selasa, 21 Juni 2022 16:15 WIB
Ilustrasi. (Dok. PHI)
Ilustrasi. (Dok. PHI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bersama-sama anak Perusahaan dan afiliasinya mencatat pencapaian realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang jauh melebihi target Pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim, dalam penyelenggaraan Pre Event Forum Kapasitas Nasional Kalimantan Sulawesi 2022 (Pre-Kapnas) yang berlangsung mulai hari ini (21/6/2022) selama tiga hari di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca juga : Pertamina Sudah Pakai 60 Persen Produk Lokal

Chalid mengungkapkan, komitmen perusahaan untuk terus menciptakan nilai yang signifikan bagi negara, pemerintah dan masyarakat Indonesia melalui beragam inovasi, pemakaian teknologi, sinergi dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Hingga Mei 2022, pencapaian realisasi TKDN Gabungan Komitmen Pengadaan sebesar 70,48 persen dengan nilai sebesar hampir 6 triliun rupiah. Sedangkan realisasi TKDN Gabungan Capaian hasil Verifikasi mencapai 54.19 persen dengan nilai sebesar hampir 2 triliun rupiah,” ujar Chalid.

Baca juga : Elnusa Dukung Pertamina Penuhi Target Bauran EBT

Kegiatan Pre-Kapnas ini merupakan kolaborasi antara SKK Migas, KKKS, dan Mitra Penyedia Barang dan Jasa ini dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur, Wakil Kepala SKK Migas, Plt. Deputi Pengadaan SKK Migas, Kepala Divisi PRSAB SKK Migas, Kepala Kantor Perwakilan SKK Migas Kalimantan Sulawesi, serta manajemen KKKS terutama yang berada di Wilayah Kerja Kalimantan dan Sulawesi.

Tercatat 18 Perusahaan nasional dan lokal yang mengikuti Pameran Industri Hulu Migas, serta Pameran UMKM yang diikuti oleh 17 mitra binaan. Forum ini terselenggara juga berkat dukungan 23 perusahaan yang menjadi sponsor.

Baca juga : Top, Laba Pertamina Naik Dua Kali Lipat

Dalam sambutannya, Chalid menjelaskan bahwa forum ini dapat mendukung upaya memaksimalkan potensi lokal atau dalam negeri dalam berbagai proyek hulu migas.

“Kami yakin dengan kolaborasi yang baik kita akan mampu mendukung pencapaian target produksi migas nasional sebesar 1 juta barel minyak per hari dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari dengan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang maksimal,” jelas Chalid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.