Dewan Pers

Dark/Light Mode

Beban Yang Ditanggung PLN Bisa Berkurang

Langkah Pemerintah Naikkan Tarif Listrik Dinilai Sudah Tepat

Kamis, 30 Juni 2022 20:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai, langkah pemerintah menaikkan tarif listrik untuk rumah tangga (RT) mampu sudah tepat.

"Kebijakan ini sudah tepat dilakukan di tengah kondisi indikator kenaikan biaya produksi yang sudah memang masuk syarat untuk meng-adjustment tarif listrik," ujar Mamit, dalam webinar bertajuk "Keadilan Tarif Dasar Listrik, Perlukah Dilakukan Penyesuaian?", Kamis (30/6).

Kebijakan itu, juga dinilainya sebagai salah satu upaya dari pemerintah dalam melakukan penghematan terhadap beban kompensasi yang harus dibayarkan kepada PLN.

Berita Terkait : LPEI & PLN Gelar Riset Bersama, Petakan Kebutuhan Listrik Wilayah Dalam Peningkatan Ekspor

Jadi, beban pemerintah bisa berkurang. PLN sendiri, bisa sedikit bernapas lega karena beban-beban yang harus dibayar terlebih dahulu akhirnya bisa berkurang juga.

"Jadi saya kira ini memang langkah yang cukup tepat, meskipun memang masih ada pro kontra, karena yang namanya kebijakan itu tidak ada yang sempurna. Apapun kebijakan itu pasti akan membuat ramai di publik," tuturnya.

Mamit menyarankan PLN dan pemerintah untuk melakukan sosialisasi kebijakan tersebut. Dengan begitu, masyarakat bisa memahaminya. 

Berita Terkait : Pelanggan Bisnis Dan Industri Bersyukur Tak Terdampak Penyesuaian Tarif Listrik

"Bahwa ini memang akan terus ada adjustment, tergantung kepada indikator-indikator terhadap biaya pokok produksi. Bahwa ketika memang naik maka akan naik dan ketika turun maka juga akan turun. Ini perlu disosialisasikan," saran Mamit.

Masyarakat, juga dimintanya tak perlu panik. Apalagi, masyarakat penerima subsidi. Sebab, kebijakan ini tidak menyentuh mereka.

Mamit berharap, tarif adjustment ini bisa dijalankan terus menerus sampai indikator ekonomi sudah mulai tumbuh, maka sektor industri dan sektor-sektor yang lain atau golongan-golongan yang lain pun bisa membantu pemerintah untuk mengurangi beban kompensasi yang harus dibayar

Berita Terkait : Ini Saran Prof Tjandra Untuk Pemerintah Dan Masyarakat

"Saya lihat pemerintah masih hadir. Namun PLN tetap harus efisien dalam menjalankan usahanya. Perlu ada tata kelola organisasi PLN. Selain itu, pemerintah harus melindungi PLN Terkait DMO batu bara," urai Mamit.
 Selanjutnya