Dark/Light Mode

Genjot Produktivitas Petani Tebu Kediri

Gandeng PTPN X, Petrokimia Gresik Gelar Program Makmur

Sabtu, 2 Juli 2022 07:59 WIB
Panen tebu di Kediri, Jawa Timur. (Foto: Dok. Petrokimia Gresik)
Panen tebu di Kediri, Jawa Timur. (Foto: Dok. Petrokimia Gresik)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Petrokimia Gresik berkolaborasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menggelar Program Makmur di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur dan berhasil meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani tebu setempat.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dalam acara Panen dan Tanam Demonstration Plot (Demplot) Program Makmur, Jumat (1/7).

Baca juga : Gandeng 50 UMKM Binaan, Petrokimia Gresik Gelar Mangga Hybrid Expo 2022

“Hasil produktivitas tebu naik dari sebelumnya 116,5 ton per hektare menjadi 159,7 ton per hektare (37 persen). Ini merupakan capaian yang sangat berarti untuk membantu meningkatkan pendapatan petani tebu yang juga naik dari Rp 25,8 juta per hektare menjadi Rp 46,5 juta per hektar,” ungkap Dwi Satriyo, dalam keterangannya, Jumat (1/7).

Tahun ini, Petrokimia Gresik mendapatkan tugas merealisasikan Program Makmur dari Pupuk Indonesia di lahan seluas 85.000 Ha yang terbagi di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali Nusa, Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga : Relawan Jokowi Keliling 34 Provinsi Gelar Musra Indonesia

Sedangkan hingga Juni 2022 realisasinya mencapai 57.820 Ha atau 68 persen dari target dengan melibatkan 31.740 petani.

Untuk komoditas tebu, realisasi yang dicapai Petrokimia Gresik mencapai 34.894 Ha, dan menjadi komoditas terbesar. Realisasi tersebut salah satunya berhasil dicapai melalui kerja sama dengan PTPN X, seperti di Kediri ini.

Baca juga : Meriahkan Kebumen Internatioanl Expo 2022, Pertamina Lubricants Gelar Promo Spesial

Selain PTPN, program Makmur di Kediri ini juga melibatkan sejumlah stakeholder penting lainnya, seperti Pemerintah Kabupaten Kediri, Bank BNI, RNI dan sebagainya.

Dwi Satriyo mengatakan, program Makmur ini menjadi kolaborasi di antara perusahaan BUMN, sekaligus ekosistem yang saling terintegrasi dan berkelanjutan yang melibatkan stakeholder pada hulu dan hilir bidang usaha pertanian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.