Dark/Light Mode

Menteri Teten Tegaskan Peran Komunitas Dibutuhkan Dongkrak Ekonomi UMKM

Sabtu, 2 Juli 2022 12:40 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak semua pihak termasuk komunitas untuk bersama-sama mendukung pertumbuhan UMKM, terutama pasca pandemi Covid-19 dalam masa pemulihan ekonomi nasional saat ini.

Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) misalnya, menjadi salah satu komunitas atau club yang berkontribusi dan mendukung pertumbuhan UMKM, melalui penyelenggaraan event Sumatera Bike Week HDCI 2022 di Bukittinggi pada 30 Juni-3 Juli 2022.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Perlunya Perbaikan Kualitas Demokrasi Indonesia

Tercatat sehari pertama penyelenggaraan acara tersebut transaksi yang beredar di Bukittinggi mencapai Rp 34 miliar.

"Event HDCI ini mampu mendongkrak ekonomi daerah Bukittinggi. Mulai dari kulinernya hingga sektor pariwisata maupun hospitality yang melibatkan UMKM di Bukittinggi merasakan manfaatnya," ujar Menteri Teten saat memberikan sambutan Sumatera Bike Week HDCI 2022 di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (1/7) malam.

Baca juga : Dicurhati Petani, Teten Dukung Pembangunan Pabrik Olahan Kelapa Sawit Di Kabupaten Agam

Menurutnya, penting dalam menggandeng semua pihak untuk meningkatkan pendapatam UMKM.

"Saya senang, HDCI punya komitmen menjadi sahabat UMKM. Saya ingin terus menggaet komunitas seperti HDCI untuk menggerakkan ekonomi UMKM, karena daya belinya tinggi. Tak cuma hotel yang diborong, kuliner oleh-oleh nya juga pasti akan dicari," ujar Menkop UKM.

Baca juga : Kemendagri Pastikan RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Ia mengatakan, HDCI memiliki lebih dari 3.000 anggota yang masing-masing memiliki motor Harley Davidson. Hal ini menurut Menteri Teten, bisa juga membuka peluang untuk UMKM di sektor otomotif. Mulai dari onderdil custom motor, merchandise hingga produk apparel terkait HDCI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.