Dark/Light Mode

Dukung Platform Digital, AstraPay Dorong UMKM Transaksi Lewat QRIS

Jumat, 8 Juli 2022 11:30 WIB
CEO AstraPay Ricky Gunawan. (Foto: Dok. Astra Pay)
CEO AstraPay Ricky Gunawan. (Foto: Dok. Astra Pay)

 Sebelumnya 
"Hal ini menuntut UMKM untuk terus berinovasi dan kreatif, serta cepat beradaptasi dalam menghadapi pandemi dengan melakukan beragam digitalisasi, agar bisnisnya mampu bertahan dan perform di kondisi sulit saat ini," jelas CEO AstraPay Ricky Gunawan.

Ia mengatakan, beragam inovasi dan digitalisasi dapat dilakukan oleh seluruh pelaku UMKM, salah satunya ialah transaksi digital menggunakan QRIS.

Baca juga : Kadin Dorong SDM Terampil Teknologi

Selain mendukung peraturan pemerintah mengenai touchless transaction, QRIS membuat proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat, simple dan aman, sehingga hal ini membuat QRIS menjadi pilihan utama masyarakat dalam bertransaksi.

Hal ini juga terbukti dari data yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) pada Februari 2022 yang menunjukkan, total transaksi QRIS di Indonesia mencapai Rp 4,5 triliun.

Baca juga : Gaet Day Trans, AstraPay Layani Pembelian Tiket Lewat QRIS

Tak hanya itu, BI juga meningkatkan limit transaksi QRIS dari semula Rp 5 juta menjadi Rp 10 juta sejak 1 Maret 2022 untuk mendorong konsumsi masyarakat dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Ricky menegaskan, AstraPay berperan aktif dalam menggalakkan digitalisasi UMKM di Indonesia dan keuntungan digitalisasi bagi UMKM. Digitalisasi ini tidak hanya membawa dampak positif kepada pengguna, namun keuntungan paling besar akan dirasakan oleh UMKM itu sendiri.

Baca juga : Perkuat Sektor Digital, Menkominfo Kerja Bareng Jerman, Jepang & Malaysia

"Karena dengan digitalisasi ini proses pencatatan keuangan akan lebih terstruktur, setiap pemasukan akan tercatat secara langsung, proses settlement dana menjadi lebih cepat, sehingga proses rekonsiliasi dapat berjalan lebih mudah namun tetap akurat," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.