Dark/Light Mode

Banyak Negara Alami Resesi

Pelaku Usaha Gelisah, Takut Kena Imbasnya

Minggu, 17 Juli 2022 07:05 WIB
ilustrasi resesi ekonomi. (Foto : Istimewa).
ilustrasi resesi ekonomi. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Budihardjo meminta Pemerintah menjaga inflasi di Indo­nesia bisa terkendali, dan tetap waspada dengan kondisi yang terjadi saat ini.

“Kita lihat inflasi nggak terlalu tinggi. Inflasi kita masih di bawah 5 persen, jadi masih terjaga. Justru karena dolar AS tinggi, mungkin satu harapan kami perkuat produk lokal. Jadi, supplier beli barang lokal aja,” ujarnya.

Baca juga : Badan Ramping Tapi Perut Buncit, Ternyata Ini Penyebabnya...

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, jika terjadi resesi, dikhawatirkan akan berpengaruh pada cadangan devisa. Sebab, terjadi aliran modal asing yang keluar dari Ta­nah Air dan secara otomatis nilai tukar rupiah semakin lemah.

Selain itu, ekspor dan impor juga akan terganggu. Karena itu, Sarman menyarankan perlu adanya kerja sama antara Pe­merintah dan pengusaha dalam mencari pasar ekspor dan impor baru guna menjaga nilai.

Baca juga : Penerimaan Negara Dari Cukai Bisa Merosot Karena Ini...

“Pemerintah dan pelaku usaha harus gerak cepat untuk menjaga nilai ekspor kita, agar tidak turun drastis. Mengingat sektor ekspor ini memberikan kontribusi ter­hadap pertumbuhan ekonomi kita,” tuturnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.